Breaking News:

AETI Sebut Pusat Logistik Berikat Idealnya Ada di Bangka

Ketua Umum Asosiasi Eksportir Timah Indonesia (AETI) Jabin Sufianto mengungkapkan Pusat Logistik Berikat (PLB) sangat di butuhkan

Penulis: Iwan Satriawan | Editor: Iwan Satriawan
tribunnews
balok timah siap ekspor 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Iwan Satriawan

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Ketua Umum Asosiasi Eksportir Timah Indonesia (AETI) Jabin Sufianto mengungkapkan Pusat Logistik Berikat (PLB) sangat di butuhkan agar produsen bisa menyetok timah di Indonesia. ‎Apalagi disaat harga timah lagi kurang bagus

‎"PLB adalah salah satu hasil dari salah satu paket kebijakan ekonomi yang di luncurkan Pak Jokowi dimana kita bisa memindahkan Singapore ke Indonesia. Fasilitas yang biasa nya hanya ada di Singapore jadi bisa ada di Indonesia," ungkap Jabin Sufianto, Kamis (6/10/2016)

Menurut Jabin, idealnya memang PLB tersebut berada di Pulau Bangka, ‎ sayangnya jika PLB di Bangka saja tidak akan membeli solusi akhir lantaran karena masalah logistik untuk daerah kepulauan.

Permasalahan tersebut diantaranya tidak ada kapal kontainer yang datang secara rutin ke pelabuhan-pelabuhan di daerah kepulauan dan biasa ongkos nya lebih tinggi.

"Memang di sayangkan sekali kurang banyak kapal pengangkutan yang melewati Babel. PLB akan maksimal sekali jika berada di dalam atau dekat pelabuhan yang bisa langsung ekspor ke luar negeri dan bisa menjual dalam kuantitas kontainer," jelas Jabin.

Ia melanjutkan, ‎ eksportir Bangka biasa nya harus menunggu kapal kontainer tongkang untuk ekspor bareng-bareng dalam kuantitas besar untuk mendapatkan harga yg terjangkau.

Jadi pihak asing gampang sekali memprediksi volume timah Indonesia yang akan di perdagangkan di market dunia.

"Memang ideal nya PLB itu di Babel. Tapi memang harus bisa kita akui bahwa ini adalah kekurangannya negara kita dimana biaya dan kemudahan logistic tidak bisa menyaingi negara lain. Salah satunya bisa menyetok timah di Indonesia, bisa mendapatkan resi gudang dengan suku bunga rendah, dengan adanya PLB bursa bisa meluncurkan forward contract," papar Jabin.(*)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved