Arak-arakan Telok Betamat Meriahkan Tahun Baru Islam 1 Muharram

Iring-iriangan Telok Betamat mengiringi pawai taaruf peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1438 Hijriah di Air Anyut, Sungailiat.

Bangkapos.com/Nurhayati
Iring-iringan Telok Betamat memeriahkan Pawai Taaruf Peringatan Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1438 Hijriah di Lingkungan Air Anyut, Sungailiat, Minggu (9/10/2016) pagi. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Iring-iriangan Telok Betamat yang menjadi icon dalam setiap khataman Alquran mengiringi pawai taaruf peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1438 Hijriah di sepanjang jalan Lingkungan Air Anyut, Sungailiat, Kabupaten Bangka, Minggu (9/10/2016) pagi .

Para remaja dan anak-anak membawakan telur yang dihiasi kertas warna-warna ini berkeliling dari Lingkungan Air Anyut hingga ke Kudai dan kembali finish ke tempat start di Masjid Al Maghfiroh Air Anyut Sungailiat.

Uniknya sebagian Telok Betamat ini selain dibawa dengan tandu juga dengan menggunakan arco untuk memudahkan para remaja dan anak-anak membawa telur yang sudah dihiasi kertas warna-warni ini.

Pawai Telok Betamat ini juga dimeriahkan oleh drumband sehingga berlangsung semarak dan menarik perhatian masyarakat serta para pengguna jalan untuk menonton pawai taaruf ini.

Diakui Ketua Pelaksana Peringatan 1 Muharram di Air Anyut Sungailiat Zulkifran, Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram ini dirayakan setiap tahun di Lingkungan Air Anyut yang ditandai dengan Khataman Alquran massal anak-anak.

"Anak-anak yang khataman Al Qur'an ini ada sebagian berasal dari Lingkungan Air Anyut dan juga dari Sungailiat bergabung di sini. Biasanya tahun-tahun kemarin lebih dari 30 lebih anak santri dari TPA kerjasama dengan Kecamatan Sungailiat," jelas Zulkifran kepada bangkapos.com disela-sela arak-arakan pawai taaruf Telok Betamat.

Selain arak-arakan Telok Betamat ini juga diadakan kegiatan Sholawat Nabi yang ditutup dengan Nganggung Bersama Sepintu Sedulang yang dipusatkan di Masjid Al Maghfiroh Lingkungan Air Anyut Sungailiat.

"Kegiatan ini partisipasi masyarakat yang dananya dari swadaya masyarakat dan donatur termasuk pemerintah daerah," ungkap Zulkifran yang akrab disapa Akib.

Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram di Lingkungan Air Anyut ini sudah diperingati sejak empat tahun belakangan ini. Kegiatan ini biasanya bersamaan dengan 1 Muharram di Kelurahan Kenanga, tetapi masyarakat setempat meminta agar jangan dirayakan berbarengan di Kenanga, karena mereka juga mau mengunjungi sanak saudara di Kenanga sehingga dilaksanakan pada Minggu kedua setelah Tahun Baru Islam.

Diakui kegiatan ini untuk mengajak masyarakat khususnya bagi Umat Islam agar gemar membaca Al Qur'an.

"Harapan kita yang kemarin baik tua maupun muda enggan membaca Al Qur'an jadi kita bikin moment seperti ini membuat mereka gemar membaca Al Qur'an. Alhamdulillah setiap tahunnya bertambah, tadinya tidak mau baca Al Qur'an akhir mau membaca Al Qur'an. Dari empat tahun yang sudah kami laksanakan ini hampir seratus lebih yang sudah khataman Al Qur'an," ungkap Zulkifran.

Penulis: nurhayati
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved