Inilah Akibatnya Jika Anda Sering Duduk Terlalu Lama Setiap Hari

Ini bukan berarti Anda harus keluar dari pekerjaan Anda karena masih ada langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk menjaga bentuk

Inilah Akibatnya Jika Anda Sering Duduk Terlalu Lama Setiap Hari
palembang.tribunnews.com
ilustrasi 

BANGKAPOS.COM  - Jika Anda bekerja di belakang meja, berarti Anda duduk selama sekitar 8 jam setiap hari. Di ujung hari kerja, ketika bangun dari tempat duduk, mungkin Anda merasa bokong dan pinggang terasa sakit.  Terus mengetik dan minimal bergerak mungkin baik untuk karir, tetapi tidak untuk bokong Anda.

Ini bukan berarti Anda harus keluar dari pekerjaan Anda karena masih ada langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk menjaga bentuk dan kesehatan bokong Anda.

"Duduk sepanjang hari dapat membuat otot gluteus Anda mengerut,"  kata Dan Giordano, D.P.T., C.S.C.S., pendiri Bespoke Treatments Physical Therapy.

Hal ini berdampak pada gerakan pinggul, rotasi dan stabilitas panggul. Intinya,  apa yang buruk untuk bokong sebenarnya buruk juga bagi seluruh tubuh Anda.

Otot gluteus yang tidak aktif akan mengencangkan fleksor pinggul dan kurva tulang belakang, memperburuk postur tubuh dan menyebabkan sakit punggung.

Ketika duduk dalam jangka waktu yang lama, terutama dengan sikap tubuh yang buruk, fleksor pinggul Anda akan mengencang dan menyebabkan inhibisi  timbal balik dari glutes.

"Bila ini terjadi, panggul tidak dapat memutar ke depan, menyebabkan tekanan di punggung bawah yang dapat menyebabkan nyeri punggung," kata Giordano. Seiring waktu, jika dibiarkan, ini dapat menyebabkan rasa sakit kronis.

Terlalu banyak duduk bahkan dapat mengubah bentuk bokong Anda. Giordano mengatakan, dia telah melihat perubahan ini pada para pasien yang tadinya bergaya hidup aktif lalu terperangkap berjam-jam di belakang meja kerja. "Otot fleksor pinggul yang ketat (menyempit) dapat membuat bokong menjadi datar."

Adam Gallo, pelatih pribadi di Brooklyn Boulders Queensbridge, mengatakan bahwa beberapa klien pribadinya datang khusus mencari cara membalikkan efek negatif akibat duduk terlalu lama setiap hari.

Ketika mereka bangun tidur dan melihat ke cermin, mereka melihat betapa banyak perubahan fisik yang terjadi karena kurang gerak. Mulai dari selulit, berkurangnya massa otot hingga kulit wajah mengendur. Hal ini terjadi karena tidak lancarnya aliran darah ke kulit yang menyebabkan hilangnya kolagen."

Untungnya, ada banyak yang dapat Anda lakukan untuk meminimalkan efek-efek buruk tersebut dan memerbaiki postur tubuh Anda.

Atur ketinggian kursi agar posisi pinggul sedikit di atas lutut dan kaki bisa menapak santai di lantai. Pastikan punggung bawah Anda mendapat dukungan yang baik, baik dengan kursi yang kokoh atau diganjal bantal.

Jaga bahu agar rileks tetapi tegak. Usahakan agar letak layar komputer sejajar dengan mata atau sedikit di bawah mata. Jika layar komputer  terlalu rendah, Anda akan terpaksa membungkuk.

Siku harus sejajar dengan tinggi meja dan pastikan Anda duduk cukup dekat dengan meja sehingga tidak perlu bersusah payah meraih papan ketik. Olahraga teratur juga dapat sangat membantu menangkal akibat buruk dari duduk terlalu lama.

Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved