Ini Keunggulan Para Bakal Calon Gubernur DKI Berdasarkan Hasil Riset Pemberitaan di Media

Bakal calon gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dinilai paling unggul dari dua bacagub DKI lainnya dari segi kinerja. Hal ini merupakan ...

Ini Keunggulan Para Bakal Calon Gubernur DKI Berdasarkan Hasil Riset Pemberitaan di Media
DOK. KOMPAS.COM
Tiga pasang calon gubernur dan wakil gubernur yang akan bertarung dalam Pilkada DKI Jakarta 2017. Dari kiri ke kanan: Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saeful Hidayat, Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA -- Bakal calon gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dinilai paling unggul dari dua bacagub DKI lainnya dari segi kinerja. Hal ini merupakan hasil riset media yang dilakukan oleh Riset Indonesia terkait pemberitaan tentang calon gubernur di sejumlah media massa.

"Ahok dari sisi kinerja itu luar biasa, karena dia petahana," ujar Direktur Eksekutif Riset Indonesia Toto Sugiarto di kawasan Mega Kuningan, Jumat (14/10/2016).

Berita yang menjadi unit sampling riset ini adalah semua berita mengenai respons terhadap kemunculan para calon gubernur DKI yang tayang pada 23 September - 13 Oktober 2016.

Dalam kurun waktu tersebut, ada 21 pemberitaan yang positif mengenai kinerja Basuki atau Ahok.
Kinerja yang disorot terkait perbaikan tata kota, perbaikan fasilitas umum, perbaikan pelayanan di kantor kelurahan dan kecamatan, tindakan tegas terhadap PNS wanprestasi, kesehatan gratis, dan pendidikan gratis.

Dalam pemberitaan positif itu, tema mengenai penggusuran juga masuk. Program yang merupakan bagian dari normalisasi kali itu dinilai positif karena merupakan upaya memindahkan warga ke tempat yang lebih layak seperti rusun.

"Penggusuran ini tidak selamanya dilihat negatif ternyata. Ada juga yang melihat penggusuran itu baik karena toh pada akhirnya ditempatkan di rumah susun," ujar Toto.

Sementara itu, bakal cagub DKI Anies Baswedan, ada 1 pemberitaan negatif mengenai kinerja.
Berita tersebut menyebut Anies belum teruji kepemimpinannya.

Kemudian, bakal cagub DKI Agus Harimurti Yudhoyono mendapat 3 pemberitaan negatif. Pemberitaan itu menyebut bahwa Agus belum teruji kepemimpinannya, tidak memiliki pengalaman di bidang pemerintahan, dan tidak dikenal sepak terjangnya.

"Kinerja Anies dinilai negatif. Meski Anies bukan orang baru, publik ternyata tidak merekam itu. Itu dari sisi kinerja," ujar Toto.

Soal kepribadian
Meski demikian, Toto mengatakan Ahok juga mendapatkan porsi pemberitaan negatif. Dalam kurun waktu tiga minggu, ada 6 pemberitaan negatif mengenai kepribadian Ahok. Berita tersebut terkait sikap dan gaya AHok yang dinilai buruk.

Halaman
12
Editor: asmadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved