Terang-terangan, China Dukung Kebijakan Duterte Basmi Peredaran Narkoba

Pemerintah China, Jumat (14/10/2016), mendukung perang melawan narkotika yang dikobarkan Presiden Filipina Rodrigo Duterte dan siap membantu ...

Terang-terangan, China Dukung Kebijakan Duterte Basmi Peredaran Narkoba
Mirror
Seorang terduga pengedar narkoba tewas ditembak orang tak dikenal di salah satu sudut kota Manila, Filipina. 

BANGKAPOS.COM, BEIJING -- Pemerintah China, Jumat (14/10/2016), mendukung perang melawan narkotika yang dikobarkan Presiden Filipina Rodrigo Duterte dan siap membantu negeri itu memberantas narkotika.

Tak hanya mendukung, China juga menawarkan bantuan kepada pemerintah Filipina. Demikian disampaikan Kementerian Luar Negeri China.

"Kami memahami dan mendukung kebijakan pemerintah Filipina di bawah Presiden Rodrigo Duterte yang memprioritaskan perang melawan narkoba," kata juru bicara Kemenlu China, Geng Shuang.

Pernyataan China ini disampaikan menjelang kunjungan Presiden Duterte di negeri itu pekan depan, di mana dia dijadwalkan akan bertemu Presiden Xi Jinping.

"Sejauh yang saya ketahui, dalam kunjungan Presiden Duterte, beliau akan terlibat dalam beberapa aktivitas terkait pemberantasan narkoba. Saat ini kedua negara berkomunisi terkait masalah tersebut," tambah Shuang.

"Departemen anti-narkotika kedua negara sudah memulai menjajaki kemungkinan kerja sama. Saya yakin hasilnya akan segera terlihat," lanjut Shuang.

Sejak berkuasa sekitar tiga bulan lalu, lebih dari 3.000 orang tersangka pengedar dan pengguna narkoba di Filipina tewas dalam baku tembak dengan polisi atau ditembak orang tak dikenal.

Masifnya jumlah korban tewas itu membuat kebijakan Duterte banyak dikecam baik oleh aktivis HAM dalam negeri maupun beberapa negara Barat termasuk Amerika Serikat dan PBB.

Namun, Duterte bergeming dan dia malah balik mengkritik negara-negara pengecam termasuk melontarkan pernyataan keras terhadap Presiden AS Barack Obama dan Sekjen PBB Ban Ki-moon.

Editor: asmadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved