Melongok Lebong Tandai, Desa Kaya Asal Emas Monas yang Jadi Rebutan Bangsa-Bangsa Dunia

Lebong Tandai mungkin jadi nama tempat yang asing di telinga. Apa dan bagaimana tentangnya, nggak banyak orang yang tahu

Melongok Lebong Tandai, Desa Kaya Asal Emas Monas yang Jadi Rebutan Bangsa-Bangsa Dunia
net
Emas Monas 

BANGKAPOS.COM--Lebong Tandai mungkin jadi nama tempat yang asing di telinga. Apa dan bagaimana tentangnya, nggak banyak orang yang tahu.

Padahal nih, kalau kita kembali ke beberapa abad lalu, desa satu ini begitu terkenal di Indonesia. Bahkan pernah jadi rebutan bangsa-bangsa di dunia.
 

Desa Lebong Tandai ini memang unik dan penuh dengan keberkahan. Nggak hanya indah, tapi juga kaya luar biasa lantaran emas yang ada di sana.

Hmm, pantas ya kalau diperebutkan banyak negara. Uniknya, meskipun masa ketenarannya sudah berakhir, tapi hingga hari ini desa Lebong Tandai masih menyimpan sisa-sisa pesonanya yang pernah memikat dunia.

Masih soal desa yang ada di Bengkulu tersebut, berikut adalah beberapa fakta tentang Lebong Tandai yang mungkin sebelumnya nggak pernah kamu ketahui.

Keindahan si Batavia Kecil

Bukan tanpa alasan kenapa Lebong Tandai dijuluki Batavia Kecil oleh pemerintah Belanda. Hal tersebut nggak lain karena desa yang ada di Bengkulu ini memang luar biasa indah.

Sebagai gambarannya nih, desa ini terletak di antara bukit-bukit kecil yang di dalamnya mengalir sungai-sungai yang bersih dan indah dengan bebatuannya. Mirip dengan negeri dongeng yang ada di cerita-cerita fiksi.

Dengan semua keindahan yang dimilikinya, akhirnya Belanda pun nggak ragu untuk makin mempercantik desa satu ini.

Pemerintah Hindia Belanda lalu membangun banyak hal di sini, mulai dari rumah-rumah sampai fasilitas-fasilitas penting seperti kincir air.

Halaman
123
Editor: tidakada016
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved