Bupati Bangka Jadi Juri Lomba Asah Terampil Pertanian

Sebanyak 8 kelompok tani se Kabupaten Bangka mengikuti kegiatan lomba asah terampil pertanian

Bupati Bangka Jadi Juri Lomba Asah Terampil Pertanian
IST

Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Sebanyak 8 kelompok tani se Kabupaten Bangka mengikuti kegiatan lomba asah terampil pertanian bagi petani, nelayan, kelompok kontak tani andalan (KTNA) di lapangan bola Sinar Jaya Jelutung, Sungailiat, Selasa (18/10/2016).

Kegiatan yang diselenggarakan Badan Ketahanan Pangan Pelaksana Penyuluhan (BKPPP) Kabupaten Bangka itu juga bertujuan untuk mewujudkan pertanian yang kuat, tangguh, dan mandiri di Kabupaten Bangka.

Bupati Bangka, H. Tarmizi H. Saat, dalam sambutannya mengatakan, dirinya Sebagai Bupati Bangk sangat berharap kepada seluruh insan pertanian untuk meningkatkan program pertanian di Kabupaten Bangka.

Dirinya selaku Bupati yang juga seorang insinyur pertanian telah melakukan penanaman mulai dari rumah dinas Bupati yang mana halaman dan tanah kosong ditanami dengan berbagai macam tanaman seperti tomat, terong, bawang merah. Di daerah Kemuja, Bupati Bangka juga mempunyai padi seluas 1,2 hektar dan lada, kebun karet di daerah Matras dan juga lahan sawit dan ubi casesa.

‘’Bupati juga nanam, jadi masyarakat juga harus ikut. Selain itu juga, para insinyur pertanian dan penyuluh pertanian wajib untuk menanam apapun di sector pertanian,’’ungkap Bupati Bangka.

Dalam pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus di Kabupaten Bangka yakni di kawasan Rebo sampai dengan Pantai Rambak Sungailiat juga menjadi peluang besar untuk hasil-hasil pertanian dimana hotel-hotel akan membutuhkan pasokan hasil pertanian sehingga para petani harus siap mengembangkan pertaniannya.

Untuk mewujudkan pertanian yang tangguh diperlukan semangat, kerja keras, kerjasama, dan kekompakan antara pemerintah, masyarakat/petani, swasta/pengusaha dan insan perguruan tinggi. Kolektifitas dan sinergitas harus terus dijaga sehingga misi pertanian yang tangguh dapat tercapai.

‘’Kita juga berharap kepada para petani untuk selalu berkordinasi dengan Pemda Provinsi untuk meningkatkan kemampuan petani. Kinerja penyuluh juga merupakan kunci sukses di bidang pertanian selain dengan teknologi yang digunakan,’’ungkap Toni Batubara, Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Provinsi Bangka Belitung (Disbunpernak Prov Babel) yang mewakili Gubernur Babel.

Sementara itu, Kepala BKPPP Kabupaten Bangka, Thony Marza AP, dalam laporannya mengatakan, tujuan dari kegiatan asah terampil ini adalah untuk menguji kemampuan, pengetahuan, dan keterampilan petani dalam mewujudkan pertanian yang tangguh, meningkatkan motivasi dan kemandirian petani nelayan dan petani hutan maupun masyarakat pelaku agribisnis lainnya serta meningkatkan apresiasi para peserta dan masyarakat selaku pelaku utama dan pelaku usaha dalam memacu pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan.

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Bangka yang hadir sejak pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai sekitar pukul 12.30 WIB dimana Bupati Bangka menjadi salah seorang juri dan juga memberikan hadiah bagi pemenang lomba tersebut yakni juara pertama diraih Kecamatan Mendobarat, kedua, Sungailiat, dan ketiga kelompok tani dari Puding Besar.

Pada kegiatan yang dihadiri oleh perwakilan Kejari Bangka, Ketua DWP Bangka, Hj. Diny Herlina, Danramil Sungailiat, Jamkrida, kepala Bank Sumsel Babel, Kepala Bank BRI dan para tamu undangan lainnya itu, diadakan juga pemberian penghargaan kepada Gapoktan dan petani yang berprestasi.

Penulis: edwardi
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved