Mau Tanda Teman Anda adalah Musuh dalam Selimut? Ini Dia Caranya

Sahabat memuji tembok rumah Anda yang baru di cat, lalu menimpalinya dengan kata-kata tambahan seperti “tapi akan lebih baik kalau warnanya jangan ...

Mau Tanda Teman Anda adalah Musuh dalam Selimut? Ini Dia Caranya
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi 

TEMAN yang baik tentunya akan selalu mendukung Anda, bukan sebaliknya. Coba perhatikan tanda-tanda dibawah ini untuk mengetahui apakah sahabat Anda memang teman yang baik atau bukan.

Dia selalu menambahkan kata-kata “tapi…”
Sahabat memuji tembok rumah Anda yang baru di cat, lalu menimpalinya dengan kata-kata tambahan seperti “tapi akan lebih baik kalau warnanya jangan seperti ini”.

Kritikan seperti ini kalau diteruskan bisa menjadi sumber masalah dari persahabatan Anda, kata Jared DeFife, PhD, psikolog di Atlanta, Georgia.

Sahabat seperti ini sebenarnya merasa bersaing dengan Anda, dan bukannya membuat temannya senang, justru dia akan berusaha menjatuhkan kebahagiaan Anda dengan kritikan halusnya yang bisa merusak suasana hati.

Dia tidak pernah menghubungi atau pun mengajak Anda untuk bertemu
Irene S. Levine, PhD, penulis buku Best Friends Forever: Surviving a Breakup with Your Best Friend mengatakan, walaupun sering mengobrol lewat telepon ataupun saling bertukar pesan, saya tetap membutuhkan waktu untuk bisa ngobrol langsung dengan sahabat saya.

Hal ini menujukkan bahwa sahabat cukup penting dan Anda mau meluangkan waktu untuk bersamanya.
Kalau dia tidak pernah berusaha menghubungi Anda atau mencari tahu keadaan Anda, besar kemungkinan bahwa sebenarnya sahabat tidak peduli dengan Anda.

“Kalau dia punya waktu untuk berbelanja ke mall, seharusnya dia juga punya punya waktu untuk bertemu dengan Anda,” tambah Levine.

Dia menggoda mantan Anda
Kalau sahabat Anda terlihat mulai tertarik dengan mantan, sebaiknya utarakan bahwa Anda tidak menyukai hal tersebut.

“Katakan saja hal yang mengganggu Anda dan tunjukkan pada sahabat kalau Anda ingin dia berubah,” saran April Mansini, seorang pakar hubungan dan etika. Jangan berasumsi sahabat akan mengerti tanpa melakukan apa-apa, Anda harus bersikap tegas untuk hal yang satu ini. (*/Reader's Digest,)

Penulis : Kontributor Female, Agustina

Editor: asmadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved