Agus Yudhoyono Janji Ubah Nama Jalan Panjang Jadi Jalan Si Pitung Raya

"Orang Betawi tidak ingin yang macam-macam. Orang Betawi egaliter. Kami dipimpin 19 gubernur yang berbeda yang tidak ada satu pun orang Betawi ..."

Agus Yudhoyono Janji Ubah Nama Jalan Panjang Jadi Jalan Si Pitung Raya
Tribunnews.com/Rizal Bomantama
Agus Harimurti Yudhoyono berfoto bersama masyarakat Betawi Rawa Belong, Jakarta Barat, usai kunjungan di Pasar Bunga Rawa Belong, Kamis (20/10/2016). 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA -- Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyanggupi permintaan warga Betawi di Rawa Belong, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, untuk mengabadikan pahlawan rakyat Betawi yaitu Si Pitung menjadi nama sebuah jalan.

Hal itu disampaikan warga Betawi Rawa Belong saat Agus Harimurti Yudhoyono, cagub dari koalisi Cikeas berkunjung ke Pasar Bunga Rawa Belong, Kamis (20/10/2016) sore.

Beberapa tokoh Betawi mengutarakan keinginannya untuk mengabadikan sosok Si Pitung yang menurut mereka belum sempat diwujudkan oleh gubernur-gubernur sebelumnya.

"Orang Betawi tidak ingin yang macam-macam. Orang Betawi egaliter. Kami dipimpin 19 gubernur yang berbeda yang tidak ada satu pun orang Betawi tidak masalah, padahal Orang Betawi paling depan melawan saat Belanda datang menjajah dan saat komunis mengancam," kata Bachtiar (40) salah satu tokoh silat Betawi.

"Kami hanya ingin setiap pemimpin Jakarta membawa semangat orang Betawi. Termasuk mengenang sejarah Betawi," Bachtiar menambahkan.

Eki (42), tokoh Betawi lainnya berharap Agus Harimurti dapat memperjuangkan adanya nama Jalan Si Pitung Raya di Jakarta.

Ia mengusulkan Jalan Panjang yang membentang dari Kedoya sampai Permata Hijau diubah menjadi Jalan Si Pitung Raya.

"Jalan Panjang itu panjang sekali. Tapi tidak ada maknanya. Lebih baik diganti Jalan Si Pitung Raya agar masyarakat Jakarta secara umum tahu bahwa Si Pitung adalah tokoh kebanggaan Jakarta," ungkap Eki.

Agus Harimurti pun mengungkapkan kesanggupannya menyiapkan nama Si Pitung menjadi sebuah nama jalan di Jakarta.

Ia mengatakan hal itu adalah sesuatu yang sangat masuk akal dan Agus Harimurti berjanji akan memperjuangkannya.

"Saya tahu mengganti nama jalan akan butuh proses lama sampai diskusi dengan DPR. Tapi saya akan memperjuangkan hal itu bagaimanapun sulitnya proses yang akan dijalank," janji Agus Harimurti.

Sebelum berpisah, calon gubernur yang berpasangan dengan Sylviana Murni ini meminta doa restu agar sukses menjalani Pilkada 2017 kepada masyarakat dan tokoh Betawi.

"Untuk mewujudkannya maka saya dan Ibu Sylviana Murni meminta dukungan dan doa restu masyarakat sekalian agar diberi kelancaran dalam proses Pilkada 2017," tutup Agus Harimurti.

Penulis: Rizal Bomantama

Editor: asmadi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved