Breaking News:

ADVERTORIAL Pasangan BERKAH

Pengamat Ini Kagumi Konsep Smart City Erzaldi

Menurutnya konsep Smart City yang Erzaldi modifikasi menjadi Kampung Cerdas dan sudah diterapkan di desa-desa di Bangka Tengah merupakan ide

ist
Bupati Bangka Tengah Erzaldi Roesman Djohan bersama istri tercinta, Melati Erzaldi meresmikan Pujasera Halal di Pangkalanbaru Bangka Tengah, Jumat (21/10/2016).(Ist) 

BANGKA, BANGKAPOS.COM -- Seusai memaparkan konsep Smart City dalam Public Policy Corner di Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik(Stisipol) Pahlawan 12, Bupati Bangka Tengah, Erzaldi Rosman mendapat respon positif dari pengamat politik, Bambang Ari Satria, Sabtu(22/10/2016). Menurutnya konsep Smart City yang Erzaldi modifikasi menjadi Kampung Cerdas dan sudah diterapkan di desa-desa di Bangka Tengah merupakan ide yang cemerlang.

Pasalnya, kemajuan dan kemandirian masyarakat desa sangat terlihat pada berbagai aspek di Bangka Tengah.

"Saya sangat salut dengan gagasan Pak Erzaldi mengenai konsep smart city dan kampung cerdas ini. Sangat terlihat dari program-program inovatif yang ia buat untuk mensejahterakan masyarakat Bangka Tengah," ujar Pengamat Politik, Bambang Ari Satria.

Pemaparan Erzaldi mengenai kampung cerdas meliputi enam desa awal yang menjadi penggerak, yaitu Teru, Desa Mangkol, Desa Puput, Desa Jeruk, Desa Pasir Geram, dan Desa Terak.

Adapun beberapa desa lain mulai ikut menerapkan konsep Kampung Cerdas dengan dukungan dari Pemkab Bateng. Desa-desa yang menyusul program tersebut antara lain Desa Air Mesu, Desa Pendindang, Desa Beruas, Desa Namang, dan Desa Pinang Sebatang.

Desa Air Mesu sudah mulai sadar dengan potensi buah Durian yang sangat baik. Mereka sudah mulai menjual Durian tidak hanya di Pulau Bangka, melainkan hingga Palembang dan Bogor.

Berbeda lagi dengan Desa Beruas, Simpang Katis. Di desa tersebut dimanfaatkan warga sebagai penghasil bibit sahang dengan Polibek.

Dukungan dari Erzaldi yang konsen untuk mengembalikan kejayaan lada Babel sangat membantu perkembangan pertanian lada di Simpang Katis. Erzaldi terus memberikan dukungan dengan pemberian vaksin, cara perawatan, dan penyuluhan langsung ke desa tersebut.

Ada pula Desa Pedindang yang terus didorong pemerintah untuk meningkatkan potensi wisata panorama Bukit Paoh dan mengelola lahan yang terbengkalai pasca tambang timah.

"Jika melihat pemaparan Erzaldi yang begitu fokus melakukan peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat Bangka Tengah, ini bisa diterapkan Babel, kerena babel siap menerapkan smart city tinggal penanganan dari pemerintah dan masyarakat yang saling bersinergi," tambah Bambang Ari Satria. (ADV/doi)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved