Mahasiswa Biologi MIPA UNSRI Teliti Ekologi Pantai Tuing

Yayasan Flora Fauna Bangka yang konsen di bidang pelestarian lingkungan di Kabupaten Bangka

Mahasiswa Biologi MIPA UNSRI Teliti Ekologi Pantai Tuing
Mahasiswa Biologi MIPA UNSRI Teliti Ekologi Pantai Tuing

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Yayasan Flora Fauna Bangka yang konsen di bidang pelestarian lingkungan di Kabupaten Bangka, selama lima hari dari Kamis (20/10/2016) lalu mendampingi para mahasiswa biologi dari Fakultas MIPA Universitas Sriwijaya (UNSRI), Sumatera Selatan melakukan kuliah lapangan di sekitaran Pantai Tuing Kabupaten Bangka.

Pendampingan tersebut merupakan salah satu wujud jalinan silahturahmi Yayasan Flora Fauna Bangka kepada para dosen serta mahasiswa MIPA untuk terus bisa berkolaborasi dalam melestarikan lingkungan.

Beberapa Anggota Flora Fauna Bangka yang merupakan alumnus dari jurusan tersebut memberi arahan kepada adik-adik tingkatnya pada saat turun ke lapangan.

"Kuliah lapangan ini merupakan salah satu rangkaian dari beberapa agenda kegiatan dalam perkuliahan di kampus sebagai pembelajaran langsung untuk mengenali lingkungan di sekitaran laut secara umum sekaligus memberi dorongan bagi para mahasiswa untuk dapat berperilaku baik terhadap lingkungan dalam cakupan yang luas," ungkap Dosen Pembimbing Jurusan Biologi Fakultas MIPA UNSRI Doni Setiawan dalam rilis yang dikirinkan Yayasan Flora Fauna Kabupaten Bangka, Senin (23/10/2016) kepada bangkapos.com.

Menurutnya, mahasiswa yang mengikuti kuliah lapangan ini adalah bagian dari perkuliah dari beberapa matakuliah yang dikuti oleh dosen pengajar dari masing-masing matakuliah tersebut.

Dengan kegiatan ini mahasiswa diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan tentang keanekaragaman hayati juga menjadi salah satu langkah dalam dukungan berkomitmen akan kepedulian terhadap lingkungan.

Wakil Ketua Yayasan Flora Fauna Bangka Ilham Isnandi, mengatakan kedatangan mahasiswa dari Fakultas MIPA UNSRI Jurusan Biologi ini akan dimaksimalkan sebagai bimbingan untuk latihan dasar ke lapangan dengan para dosen sekaligus untuk meningkatkan jalinan kerjasama yang baik dibidang riset maupun penelitian lainnya.

"Kegiatan ini kami jadikan suatu wadah kami untuk terus berkontribusi dalam meningkatkan pengetahuan kami untuk ekologi laut khususnya," jelas Ilham.

Mata kuliah yang diterapkan pada kuliah lapangan ini difokuskan untuk pengamatan bentos, nekton, dan plankton untuk mata kuliah ekologi lahan basah, survey mangrove yang ditujukan untuk matakuliah biologi laut dan ekologi eksprimental serta matakuliah ekotoksikolog yang difokuskan pada pengamatan bio indikataor lingkungan gastropoda dipinggir pantai.

Penulis: nurhayati
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved