Tak Mau Mengemis, Nenek 73 Tahun Ini Jadi Penambal Ban

Di gubuk itu, perempuan renta itu biasa duduk beralas tikar berlantai tanah, sambil menunggu orang memerlukan jasanya menambal ban yang bocor.

Tak Mau Mengemis, Nenek 73 Tahun Ini Jadi Penambal Ban
Tribun Jateng/khoirul muzakki
Sudarmi menerima upah dari pengendara usai menambal ban motor yang bocor di lapak tambal ban miliknya di Jalan Stadion Selatan, Semarang Tengah, Jawa Tengah. 

BANGKAPOS.COM, SEMARANG - Wajah berkeriput Sudarmi (73), berseri-seri saat seorang pengendara motor enggan menerima uang kembalian atas jasa Sudarmi memompa ban.

Ia pun sempat melafalkan doa untuk si pengendara sebelum mesin kendaraan dinyalakan. Darmi, demikian ia akrab disapa, berucap syukur atas rizki yang diterimanya.

"Uangnya Rp 2.000, padahal ongkosnya cuma Rp 1.000. Tapi saya kembalikan tidak mau, Alhamdulillah terima kasih,"katanya, Sabtu (22/10/2016).

Lapak tambal ban Sudarmi di Jalan Stadion Selatan Semarang Tengah, hanya seluas sekitar 2x6 meter. Beberapa bagian bangunan berbahan kayu dan bambu itu telah lapuk.

Di gubuk itu, perempuan renta itu biasa duduk beralas tikar berlantai tanah, sambil menunggu orang memerlukan jasanya.

Di hadapannya, terdapat tumpukan ban sepeda motor bekas, juga perlengkapan menambal, dan sebuah kaleng bekas berisi uang receh.

Darmi mulai berjuang seorang diri setelah suaminya wafat, tiga tahun silam.

"Saya dan suami saya sudah 35 tahun bekerja di sini. Dulu waktu suami saya masih hidup, saya hanya membantu. Suami saya yang menambal,"kata Darmi sambil menunjukkan KTP almarhum suaminya yang tersimpan rapi di dompet

Menambal ban bukanlah pekerjaan yang akrab bagi kaum hawa, apalagi untuk perempuan renta seusianya. Kendati usianya lanjut, Darmi merasa tenaganya masih cukup.

Ia mengaku masih kuat tenaganya untuk sekadar mengganti atau menambal ban. Namun, untuk pekerjaan yang membutuhkan energi lebih dari itu, Darmi enggan memaksa.

Halaman
12
Editor: fitriadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved