Hati Bupati Tarmizi Bergetar Dengar Lantunan Ayat Suci Alquran

Para siswa dari beberapa sekolah dasar ini secara bergantian membacakan surat-surat pendek dalam Alquran yang dibimbing

Hati Bupati Tarmizi Bergetar Dengar Lantunan Ayat Suci Alquran
Bangkapos/Nurhayati
Kegiatan Khatam Alquran Program One Day One Juz Tingkat Kecamatan Sungailiat, Selasa (24/10/2016) yang berlangsung di SDN 20 Sungailiat. 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Lantunan ayat-ayat suci Alquran yang dibacakan para siswa sekolah dasar terasa mengetarkan hati saat berlangsungnya kegiatan Khatam Alquran Program One Day One Juz Tingkat Kecamatan Sungailiat, Selasa (24/10/2016) di SDN 20 Sungailiat.

Para siswa dari beberapa sekolah dasar ini secara bergantian membacakan surat-surat pendek dalam Alquran yang dibimbing oleh Guru Agama Islam.

Bupati Bangka H Tarmizi Saat tampak menyimak lantunan ayat suci Alquran yang dibacakan para siswa-siswi sekolah dasar tersebut.

Ia menilai lantunan ayat suci Alquran yang dibacakan sudah cukup bagus dan dari segi tajwidnya sudah baik, tinggal memperbaiki irama atau lagunya dalam membaca Alqurannya.

Menurut Tarmizi, berdasarkan saran para ulama istilah One Day One Juz (ODOJ) ini kurang tepat karena berasal dari bahasa asing sehingga perlu diganti istilah yang pas dalam Bahasa Indonesia.

"Para ulama ini dak sangat tahu one day one juz ini, istilah orang sebelah sana (asing-red) maka tolong kiyai di cari nama yang apa. Jadi saran para ulama ini juga harus kita dengar. Apa nama yang bagusnya, maksudnya mari setiap hari anak-anak ini membaca Alquran," ungkap Tarmizi.

Menurutnya, menanamkan rasa cinta kepada Alquran harus dimulai sejak masih anak-anak sehingga menjadi bekal dan pegangan hidup mereka. Sebab jika sudah tua baru belajar membaca Alquran akan sulit.

Ia juga menyampaikan tujuh amalan agar hidup menjadi tenang.

"Tujuh amalan untuk kita dan anak-anak. Ini secara bertahap tidak mungkin sekaligus, pertama menjaga wudhu, kedua tahajud dan witir, kita bangunlah sholat tahajud saat malam, kemudian ketiga tadabur Alquran, ke empat sholat duha, ke lima sholat berjamaah, ke enam bersedekah dan terakhir yang ke tujuh puasa Senin dan Kamis. Ini WT2S3P," saran Tarmizi.

Halaman
12
Penulis: nurhayati
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved