Petani Pangkalniur Sudah Mampu Menjual Beras Hasil Panen

Petani sawah Pangkalniur Asan Basri mengatakan banyak petani di desa ini mampu menjual beras hasil panen dari sawahnya sendiri.

Petani Pangkalniur Sudah Mampu Menjual Beras Hasil Panen
IST
Masyarakat Desa Pangkalniur Tanam Padi Sawah bersama Jajarann Koramil 413.05/Belinyu dan instansi terkait dari lingkungan Pemkab Bangka, di areal sawah desa setempat, Selasa (25/10/2016).

Laporan Wartawan Bangka Pos Riyadi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Masyarakat Desa Pangkalniur Kecamatan Riausilip Kabupaten Bangka, kini tidak banyak lagi tergantung beras yang didatangkan dari luar daerah.

Sebaliknya, masyarakat petani di desa ini, secara umum sekarang sudah mampu menjual beras hasil poduksi pertaniannya sendiri.

Petani sawah Pangkalniur Asan Basri mengatakan banyak petani di desa ini mampu menjual beras hasil panen dari sawahnya sendiri.

"Saya juga bersyukur, masih menggunakan beras merah (beras kampung) hasil panen sendiri. Secara umum, masyarakat selain bisa jual beras, mereka juga masih punya stok beras dari hasil panen sebelumnya, jadi masyarakat juga nggak banyak lagi beli beras yang didatangkan dari luar," kata Ketua BUMDes Pangkalniur ini kepada bangkapos.com, Selasa (25/10/2016).

Menurut Asan, pemasaran beras merah dari petani Pangkalniur, juga melalui BUMDes.
Petani lainnya Achyarani menyebutkan hal sama.

"Petani di Pangkalniur, tidak banyak lagi beli beras yang didatangkan dari luar, maksudnya masyarakat nggak banyak tergantung beras dari luar, mereka lebih banyak mengkonsumsi beras hasil panennya sendiri, desa Pangkalniur terus mengembangkan sektor pertanian sawah, sehingga desa kami menjadi desa yang bisa memproduksi beras sendiri," ujarnya.

Penulis: riyadi
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved