Diatur Ulang, Premi Asuransi Kendaraan Bisa Naik 100 Persen

Tarif premi asuransi properti dan kendaraan bermotor diatur dalam Surat Edaran OJK (SEOJK) Nomor 21 Tahun 2015 tentang Penetapan Tarif Premi atau ...

Diatur Ulang, Premi Asuransi Kendaraan Bisa Naik 100 Persen
KONTAN/MURADI

BANGKAPOS.COM, NUSA DUA -- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) segera mengatur ulang tarif premi asuransi umum, terutama di lini asuransi properti dan kendaraan bermotor. Di aturan baru nanti, OJK akan menaikkan dan menurunkan tarif premi untuk kategori tertentu di kedua lini bisnis tersebut.

Baca: Kondisi Julia Perez Membuat Sahabatnya Sedih, Isi ATM-nya Rp 37 Ribu Malah Dikejar Debt Collector

Saat ini, tarif premi asuransi properti dan kendaraan bermotor diatur dalam Surat Edaran OJK (SEOJK) Nomor 21 Tahun 2015 tentang Penetapan Tarif Premi atau Kontribusi Pada Lini Bisnis Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor.

Baca: Buruh Migran Asal Kediri Pamer Goyang Erotis Bikin Geger Netizen

"SE OJK yang lama akan kami revisi," ujar Edy Setiadi, Deputi Komisioner Pengawas Industri Keuangan Non-bank OJK, di sela-sela acara Indonesia Rendezvous ke-22 Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) di Nusa Dua, Bali, Jumat (28/10).

Dalam mengatur tarif premi asuransi properti dan kendaraan bermotor, OJK mempertimbangkan sejumlah faktor. Misalnya, ada perubahan profil risiko di kedua lini asuransi tersebut, sehingga menyebabkan tarif premi saat ini tak sesuai dengan dinamika yang terjadi di lapangan.

Baca: Unggahan Foto Polisi yang Kelelahan Tertidur di Pinggir Jalan Tuai Simpati Netizen, Ini Komentarnya

Menurut Edy, pengaturan ulang tarif premi juga untuk mendukung terciptanya kompetisi yang sehat di industri asuransi umum Indonesia. Demi memformulasikan tarif premi yang ideal, OJK meminta laporan berupa data risiko asuransi dari para pelaku industri asuransi umum selama lima tahun terakhir.

Baca: MUI, Gus Solah dan Kiai di Jombang Desak Polisi Segera Proses Hukum Kasus Penistaan Agama

Khusus asuransi kendaraan bermotor, akan diatur tarif premi untuk jenis asuransi total loss only (TLO) dan komprehensif. Jenis asuransi TLO hanya memberi pertanggungan bila kendaraan rusak total di atas 75%. Artinya, kendaraan sudah tak berbentuk lagi karena kecelakaan yang tak mungkin bisa diperbaiki maupun hilang akibat pencurian.

Halaman
12
Editor: asmadi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved