Desa Kemuje Jadi Tempat Pencanangan Gerakan Indonesia Membaca

pencanangan GIM di Desa Kemuja ini mengambil tema Asak Kawa Mace Ge Pacak, artinya Kalau Mau Membaca Pasti Bisa.

Desa Kemuje Jadi Tempat Pencanangan Gerakan Indonesia Membaca
Dok Humas Setda Bangka
Festival Seni Budaya Islam (FSBI) IX digelar dalam memeriahkan dan menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW di Desa Kemuja Kecamatan Mendobarat Kabupaten Bangka. 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Pencanangan Gerakan Indonesia Membaca (GIM) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang dipusatkan di Desa Kemuja, Kecamatan Mendobarat Kabupaten Bangka sebagai tuan rumah akan dilaksanakan selama empat hari mulai tanggal 2 hingga 5 November 2016.

Sebelumnya rencana pelaksanaan GIM ini sempat tertunda dari jadwal semula akan dilaksanakan tanggal 5 hingga 9 Oktober 2016 lalu.

Diakui Kepala Bidang PAUDNI Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Siti Normina, pencanangan GIM di Desa Kemuja ini mengambil tema Asak Kawa Mace Ge Pacak, artinya Kalau Mau Membaca Pasti Bisa.

Tema dalam Bahasa Bangka ini sengaja diluncurkan pihak panitia penyelenggara GIM agar mengena langsung ke hati masyarakat di Kabupaten Bangka.

"Kita ingin memotivasi masyarakat supaya peningkatkan minat baca agar lebih meningkat. Kita tahu minat baca ini trendnya agak menurun," ungkap Siti Normina, Sabtu (29/10/2016) kepada bangkapos.com di Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka.

Melalui GIM ini ia berharap trend minat baca meningkat terutama di masyarakat Kabupaten Bangka.

Menurutnya dalam pencanangan GIM di Desa Kemuja ini akan diadakan berbagai perlombaan seperti lomba membaca puisi, mendongeng, teather hingga dambus tunggal. Pada kegiatan ini juga diselenggarakan, pameran komunitas literasi dan bazar buku dan sosialisasi/workshop komunitas.

Selain itu juga diadakan saresehan literasi musyawarah penulis Bangka, kewirausahaan dan musyawarah pegiat literasi.

"Untuk puncak acara kita adakan pada tanggal 3 November yang akan dihadiri langsung oleh Dirjen Paud dan Dikmas Kemendikbud, DR Herman Syamsudin," kata Siti Normina.

Pada acara puncak peluncuran GIM ini juga akan dilakukan penyerahan bantuan/donasi buku pencanangan kembali belajar dan pencanangan menuju kabupaten wajib belajar I tahun PAUD serta penghargaan kepada tokoh/pegiat literasi keagamaan dan ekonomi kreatif kampung literasi.

"Masyarakat silahkan datang melihat kegiatan GIM ini. Persiapan kita hampir selesai, kita mohon doa restunya agar kegiatan GIM ini bisa berjalan dengan baik dan lancar," harap Siti Normina.

Penulis: nurhayati
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved