Dirut LPDB Perankan Zorro Berikan Sosialisasi ke Nelayan dan Pedagang

Film ini digunakan Danial untuk mensosialisasikan program LPDB. Dengan demikian masyarakat di Kabupaten Bangka tertarik

Dirut LPDB Perankan Zorro Berikan Sosialisasi ke Nelayan dan Pedagang
bangkapos.com/Nurhayati
Dirut LPDB H Kemas Danial ketika memberikan sosialisasi pembiayaan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan nelayan di Sungailiat Bangka, yang diselenggarakan Bank Rakyat Indonesia (BRI) bersama Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangka, Senin (31/10/2016) di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Sungailiat. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Para peserta tampak antusias menonton Film The Mask of Zorro yang diputar saat sosialisasi pembiayaan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan nelayan di Sungailiat Bangka diselenggarakan Bank Rakyat Indonesia (BRI) bersama Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangka, Senin (31/10/2016) di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Sungailiat.

Kegiatan sosialisasi ini diikuti para nelayan, pengusaha ikan, pedagang, kalangan akademisi serta pengurus koperasi di Kecamatan Sungailiat dan sekitarnya.

Ternyata pemain Zorro dalam film tersebut diperankan langsung oleh Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) Kementerian Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) H Kemas Danial yang berakting apik bersama bintang film terkenal dan cantik Catherine Zeta-Jones.

Film ini digunakan Danial untuk mensosialisasikan program LPDB. Dengan demikian masyarakat di Kabupaten Bangka tertarik menggunakan dana kredit bergulir ini untuk meminjam dana untuk mengembangkan usaha mereka.

"Gara-gara kamu tidak lancar bayar kredit nama kamu rusak, usaha kamu juga bisa bangkrut. Kamu terus begini kamu bisa kami penjarakan," kata Danial yang menggenakan kostum zorro dalam film tersebut ketika melumpuhkan perlawanan Catherine dengan permainan anggarnya.

Pesan itu disampaikan Danial melalui Film Zorro agar sosialisasi pembiayaan kepada pelaku UMKM dan nelayan di Sungailia ini lebih efektif dan tidak membosankan.
"Jadi bapak ibu harus ingat pesan Zorro itu," ingat Danial.

Ia menjelaskan untuk meminjam dana dari LPDB ini bisa melalui perbankan yakni BRI.
"LPDB ini sekarang sangat populer di kalangan pelaku usaha. Di Bangka ini belum begitu terdengar. Sumber dananya adalah dana rakyat, dana APBN. Tidak boleh disalahgunakan, tidak boleh kredit macet ini uang rakyat. Kalau macet akan bermasalah," ungkap Danial.

Menurutnya ada syarat meminjam uang di LPDB, yakni usaha sudah berjalan dua tahun, berbadan hukum, dan menguntungkan.

Ia minta agar dinas terkait di Pemkab Bangka mengurus dan mempermudah izin usaha agar para UMKM memiliki badan hukum. "Jangan bermimpi untuk timah bangkit, harus cari usaha agar kita bisa bangkit. Usaha tanpa modal tidak bisa berkembang.
Besar bunga sektor riil menurutnya hanya 4,5 persen dengan bunga menurun kalau lima tahun hanya 0,2 persen perbulan," jelas Danial.

Sedangkan untuk koperasi bunganya sebesar delapan persen menurun dengan bunga empat persen pertahun atau 0,3 persen perbulan.

"Jadi uang LPDB ini untuk UMKM.
Canel program LPDB ini bekerjasama dengan BRI. Nanti BRI yang evaluasi kemampuan usaha UMKM. Bunganya mendekati KUR (Kredit Usaha Rakyat)," kata Danial putra kelahiran Bangka yang terpilih menjadi Men of The Years untuk kategori Inspiring Man Award pada tahun 2012.

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh Direktur Jamkrida Babel Erlan Hadi Susanto, Pimpinan Cabang Bank BRI Sungailiat, Mohamad Amalo, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bangka Kemas Herman Susilo, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangka Ahmad Sapran, Kepala Disperindagkop dan UMKM Kabupaten Bangka Safarudin serta undangan lainnya.

Penulis: nurhayati
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved