Ekonomi Menurun, Parulian Minta Alokasi Belanja Bisa Dorong Daya Beli Masyarakat

Ketua DPRD Kabupaten Bangka Parulian Napitupulu mengakui, kondisi perekonomian daerah cenderung mengalami penurunan.

Ekonomi Menurun, Parulian Minta Alokasi Belanja Bisa Dorong Daya Beli Masyarakat
Bangkapos/Nurhayati
Ketua DPRD Kabupaten Bangka Parulian Napitupulu disaksikan Bupati Bangka H Tarmizi Saat menandatangani nota KUA dan PPAS APBD Bangka Tahun 2017, Senin (31/10/2016) di Ruang Paripurna DPRD Kabupaten Bangka. 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Ketua DPRD Kabupaten Bangka Parulian Napitupulu mengakui, kondisi perekonomian daerah cenderung mengalami penurunan.

Untuk itu ia mengharapkan agar alokasi belanja daerah harus dapat mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan meningkatkan daya beli masyarakat yang saat ini mengalami penurunan.

"Penyampaian Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) telah disampaikan oleh bupati dan telah dilakukan pembahasan oleh badan anggaran dan TPAD," ungkap Parulian dalam rapat paripurna penandatanganan nota kesepakatan KUA dan PPAS Tahun 2017, Senin (31/10/2016) di Ruang Paripurna DPRD Kabupaten Bangka.

Menurutnya, hal terpenting dalam pembahasan tersebut adalah tentang peningkatan PAD sehingga estimasi PAD lebih jelas, porsi belanja aparatur dan publik yang mana alokasi belanja dapat mendorong ekonomi dan daya beli masyarakat serta penyusunan KUA PPAS disesuaikan dengan Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK) yang baru.

Pada rapat paripurna tersebut, Bupati Bangka H Tarmizi Saat menyampaikan tentang postur APBD Bangka tahun 2017 yang telah disepakati yakni, pendapatan daerah sebesar Rp 1.095.386.195.000, belanja daerah Rp 1.104.386.195.000, defisit belanja sebesar Rp 9.000.000.000, penerimaan pembiayaan Rp 9.000.000.000, pengeluaran pembiayaan Rp 0, pembiayaan netto Rp 9.000.000.000 digunakan untuk menutupi defisit belanja sehingga sisa lebih pembiayaan tahun berjalan Rp 0,-.

Dijelaskannya, dalam rangka mewujudkan Bangka Bermartabat, pembangunan tahun 2017 dititikberatkan pada 9 sektor yakni pendidikan, reformasi birokrasi, infrastruktur, kesehatan, revitalisasi pertanian, penanggulangan kemiskinan, lingkungan hidup, iklim investasi dan usaha, pariwisata dan kebudayaan serta ekonomi kreatif.
"Dari penyampaian nota kesepakatan ini diharapkan muncul kebijakan daerah yang berpihak pada perbaikan derajat pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Mari kita terus menjaga komitmen untuk lebih banyak memberi dan mengalokasikan anggaran bagi kepentingan masyarakat luas," kata Tarmizi.

Pada kesempatan itu Bupati Bangka, H Tarmizi Saat, dan Pimpinan DPRD Bangka menandatangani nota KUA dan PPAS APBD Bangka.

Penandatanganan tersebut disaksikan oleh 26 Anggota DPRD Kabupaten Bangka yang hadir, Kapolres Bangka AKBP Sekar Maulana, Sekda Bangka H Fery Insani, Perwakilan Kajari Bangka, Ketua Pengadilan Agama Sungailiat, Asisten, Staf ahli, Para Kepala SKPD di Lingkungan Pemkab Bangka, Anggota PKK, dan para tamu undangan lainnya.

Penulis: nurhayati
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved