KPU Tetapkan DPS Kabupaten Bangka 210.286 Pemilih

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS)

KPU Tetapkan DPS Kabupaten Bangka 210.286 Pemilih
bangkapos.com/Nurhayati
Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Bangka saat penetapan Jumlah DPS melalui rapat pleno KPU Kabupaten Bangka, Senin (31/10/2016) di Kantor KPU Kabupaten Bangka. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pemilihan Kepala Daerah Gubernur dan Wakil Gubernur Babel pada Tahun 2017 di Kabupaten Bangka sebanyak 210.286 pemilih.

Jumlah DPS ini ditetapkan melalui rapat pleno KPU Kabupaten Bangka, Senin (31/10/2016) di Kantor KPU Kabupaten Bangka.

Berdasarkan hasil rapat pleno tersebut tercatat Kecamatan Sungailiat ditetapkan 61.112 pemilih dengan desa 13 dan 171 TPS. Kecamatan Pemali ada enam desa dan 54 TPS dengan jumlah pemilih 20.200 orang. Kecamatan Puding Besar ada tujuh desa dengan jumlah TPS 36 dan total 12.580 pemilih.

Untuk Kecamatan Bakam terdiri dari sembilan desa dengan 35 TPS, jumlah pemilih sebanyak 12.036 orang. Sedangkan Kecamatan Merawang sebanyak 10 desa terdiri dari 55 TPS dengan pemilih 21.463 orang.

Kecamatan Mendobarat ada 18 desa dengan 81 TPS dan 32.076 pemilih. Kemudian untuk Kecamatan Riau Silip 9 desa dengan 51 TPS, total pemilih 17.770 orang dan Kecamatan Belinyu ada delapan desa dengan 101 TPS dan 32.049 pemilih.

Menurut Ketua KPU Bangka H Zulkarnain, jumlah DPS ini ditetapkan setelah dilakukan pencocokan dan penelitian (coklit) oleh Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (DPPD).

"Setelah ditetapkan DPS di Kabupaten Bangka ini hasilnya kami segera membawa hasil rapat ini ke KPU propvinsi," kata Zulkarnain didampingi empat anggota KPU lainnya yaitu Andi Budi Yulianto, M Hasan, TB Firman Pardede dan Siti Aminah.

Menurutnya, setelah adanya penetapan DPS ini, KPU diberi kesempatan untuk pebaikan, terutama dari tim kampanye pasangan calon (paslon).

"Data itu akan dilakukan coklit untuk perbaikan. Kami berharap peran aktif paslon. Tidak menutup kemungkinan ada yang belum terdaftar di DPS.
Informasi ke kami supaya masukkan ke DPS, nanti akan dimasukkan ke DPT," harap Zulkarnain.

Dijelaskannya bahwa pada pilgub kali ini, ada sedikit perbedaan sesuai aturan pemerintah, yang berhak memilih adalah orang yang sudah mempunyai e-KTP.

"Kami minta bantuan ke dukcapil. Yang belum merekam akan jadi catatan bagi kami. Yang belum merekam, kami imbau untuk segera merekam supaya punya hak untuk pemilihan tanggal 15 Februari," imbau Zulkarnain.

Rapat pleno rekapitulasi DPS KPU Bangka juga dihadiri oleh tim kampanye pasangan calon dan PPK dari delapan kecamatan di Kabupaten Bangka.

Penulis: nurhayati
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved