Inilah 5 Aksi Demonstrasi Terbesar yang Pernah Terjadi di Muka Bumi Sepanjang Masa

Aksi unjuk rasa seperti demo, protes, dan lain-lain sebenarnya sering terjadi. Termasuk di beberapa negara di dunia

Inilah 5 Aksi Demonstrasi Terbesar yang Pernah Terjadi di Muka Bumi Sepanjang Masa
net
Protes Perang di Afghanistan (2001-sekarang). 

BANGKAPOS.COM--Aksi unjuk rasa yang akan dilakukan ormas Islam pada tanggal 4 November telah membuat beberapa pihak khawatir. Untuk berjaga-jaga, kepolisian sudah menurunkan surat agar masyarakat lebih hati-hati dan waspada.

Sebenarnya, menurut Presiden Joko Widodo, unjuk rasa adalah hak demokratis warga. Tapi bukan memaksakan hak dan kehendak serta bukan hak untuk merusak.

Baca: Ngaku Karena Cinta, Pernikahan Gadis Cantik 18 Tahun Ini dengan Kakek 66 Tahun Bikin Heboh

Aksi unjuk rasa seperti demo, protes, dan lain-lain sebenarnya sering terjadi. Termasuk di beberapa negara di dunia. Namun, dalam catatan sejarah, ada 5 aksi protes terbesar sepanjang masa.

 Gerakan Occupy Wall Street (2011- sekarang)

 Sudah hampir enam tahun aksi ini digelar di seluruh dunia. Mereka menamakan diri gerakan Occupy, sebuah gerakan protes internasional terhadap ketimpangan sosial dan ekonomi yang terjadi di dunia.

Tujuan dari aksi ini adalah membuat hubungan yang sejajar antara ekonomi dan politik di seluruh kalangan masyarakat. Mereka menganggap bahwa selama ini perusahaan besar dan sistem keuangan global sudah bertindak seenaknya. Sehingga mereka semakin kaya dan yang miskin semakin miskin.

Slogan gerakan ini adalah ‘We are 99 persen’. Artinya hanya 1 persen saja orang-orang yang diuntungkan dengan sistem sosial-ekonomi dunia ini. Sementara 99 persen lainnya mendapat kesulitan.

Protes Brazil (2013)

 Aksi protes ini diprakarsai oleh Movimento Passe Livre, sebuah organisasi lokal advokasi untuk transportasi umum.

Protes ini diawali dengan berbagai jenis kenaikan harga transportasi umum seperti bus, kereta api, dan metro mini di seluruh kota di Brazil.

Halaman
123
Editor: tidakada016
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved