Obat Kadaluarsa Tidak Boleh Dikonsumsi Masyarakat

Obat-obatan yang memang diketahui sudah kadaluarsa (expired date) sesungguhnya tidak boleh lagi dikonsumsi masyarakat

Obat Kadaluarsa Tidak Boleh Dikonsumsi Masyarakat
bangkapos.com/Ryan A Prakasa

Laporan Wartawan Bangka Pos, Ryan A Prakasa

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Obat-obatan yang memang diketahui sudah kadaluarsa (expired date) sesungguhnya tidak boleh lagi dikonsumsi masyarakat.

"Kalau sudah lewat dari tanggal kadaluarsanya (expired date--red) justru obat itu tidak boleh lagi digunakan," kata Kepala Seksi Pemeriksaan, Penyidikan, Sertifikasi dan Layanan Informasi Konsumen BPOM Provinsi Babel, Iswadi saat ditemui di kantor BPOM Provinsi Babel, di kawasan Air Itam, Kota Pangkalpinang, Kamis (3/11/2016).

Dijelaskan lebih lanjut umumnya obat-obatan yang disalurkan pihak produsen farmasi atau agen distributor obat-obatan ke apotek-apotek maupun toko-toko yang menjual obat-obatan justru sebelum jatuh tempo dari tanggal atau masa waktu layak penggunaan sudah semestinya dua bulan sebelum berakhir batas kadaluarsa sudah ditarik dari peredaran.

"Kalau obat sudah kadaluarsa potensi keampuhan obat itu sudah berkurang. Begitu pula zat-zat kimia yang terkandung dalam obat itu nanti bisa ada perubahan sehingga tidak layak untuk dikonsumsi," jelasnya.

Meski begitu tiap-tiap jenis obat menurut ia masing-masing mempunyai masa kadaluars yang relatif berbeda-beda, diantaranya yakni satu tahun, dua tahun bahkan lebih. Oleh karenanya setiap obat-obatan yang dijual di apotek maupun toko-toko tentunya tertera label diantaranya tercantum tanggal maupun bulan dan tahun yang menerangkan batas kadaluarsa dari setiap obat tersebut.

Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved