Terungkap Ada Obat Kedaluarsa Dalam Kemasan Baru

semua obat tersebut, diamankan dari gudang penyimpanan obat tradisional, suplemen dan kosmetika ilegal di kawasan Kampung Keramat

Terungkap Ada Obat Kedaluarsa Dalam Kemasan Baru
Bangka Pos/Deddy Marjaya
Kapolda Babel Brigjen (Pol) Anton Wahono, Dirkrimsus Kombes (Pol) Pipit Rismanto, Kabid Humas AKBP Abdul Mun'im dan Kepala BPOM Pangkalpinang Rossy Hertati menggelar pengungkapan obat dan kosmetik ilegal, Kamis (3/11/2016). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Berjenis-jenis obat-obatan, jamu dan kosmetik berbagai merek, disusun menumpuk memenuhi sebuah meja panjang di Mapolda Babel, Kamis (3/11) kemarin.

Obat-obatan tersebut merupakan hasil razia gabungan antara Dit Reskrimsus Polda Babel bekerjasama dengan Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Pangkalpiang beberapa hari lalu.

Kapolda Babel, Brigjen (Pol) Anton Wahono memimpin gelar barang bukti penggerebekan tersebut.

Ia menyebut, semua obat tersebut, diamankan dari gudang penyimpanan obat tradisional, suplemen dan kosmetika ilegal di kawasan Kampung Keramat, Pangkalpinang.

"Ini berkat informasi dari masyarakat barang-barang ini sementara setelah dicek adalah barang ilegal kami masih memeriksa pelaku untuk dilakukan pengembangan," kata Anton.

Ada sebanyak 124 item yang diamankan, terdiri dari ribuan obat kuat, kopi stamina, obat lemah syawat, pemutih wajah, pemutih kulit dan lainnya berbagai merek disita.

Termasuk kosmetika bermerek terkenal yang diduga dipalsukan oleh pelaku dan dijual kembali.

Anton menyebut, kosmetik dan obat-obatan tersebut, tidak terdaftar di BPOM dan mengandung zat berbahaya sehingga bisa mengancam kesehatan dan jiwa pemakainya.

Tim juga mendapati sejumlah ribuan obat daftar G yang harus mendapatkan resep dari dokter dan tidak boleh bebas beredar.

Setelah dicek dan didalami obat-obatan yang kadaluarsa tersebut diracik dan dibuatkan kemasan baru oleh pelaku kemudian dipasarkan kembali.

Halaman
123
Editor: Hendra
Sumber: babel news
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved