Breaking News:

Jurnalis Kompas TV Galang Dana Renovasi Masjid 4 Hari Terkumpul Rp 400 Juta

Yang bikin saya tergerak banget itu ketika kepala desanya menggalang dana ke pemerintah, tetapi responsnya masih susah. Sumbangan swasta juga susah.

KitaBisa.com
Masjid Nurul Ihsan di Desa Horinara yang berada di kaki Gunung Ile Boleng Pulau Adonara, Klubagolit, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur. 

BANGKAPOS.com — Masjid Nurul Ihsan di Desa Horinara yang berada di kaki Gunung Ile Boleng Pulau Adonara, Klubagolit, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, sudah puluhan tahun tidak direnovasi.

Satu-satunya masjid di Desa Horinara itu terakhir kali direnovasi pada 1986. Kondisi itu membuat hati Yasir Nene Ama, seorang jurnalis Kompas TV, tergerak untuk menggalang dana.

Yasir menuturkan, sejak terakhir kali direnovasi 30 tahun yang lalu, perbaikan masjid di kampung halamannya itu hanya sekadarnya.

"Yang rusak apa, perbaiki itu. Genteng bocor dua biji, ya sudah yang diperbaikinya genteng dua biji. Enggak pernah renovasi total," ujar Yasir saat dihubungi Kompas.com, Kamis (10/11/2016).

Baca: Lihat Foto-foto Donald Trump, Presiden yang Digelari Monster dari Masa ke Masa 

trump junior
Donald Trump lahir tanggal 14 Juni 1946 di kota New York

Kini, kondisi masjid yang dibangun pada 1958 secara swadaya oleh warga Muslim di Desa Horinara itu bisa disebut mengkhawatirkan. Yasir menggambarkan, atap masjid hampir roboh, dinding-dinding sudah rusak, tempat wudu yang memadai pun tak tersedia.

Selain karena masjid sudah puluhan tahun tak direnovasi, ada satu hal lain yang membuat Yasir tergerak untuk menggalang dana.

Baca: Edy Rahmayadi Jenderal Bersuara Lantang yang Pernah Ditegur Panglima TNI Kini Komandoi PSSI

Sebagai satu-satunya tempat ibadah umat Islam di sana, menurut Yasir, Masjid Nurul Ihsan tak hanya berfungsi sebagai rumah ibadah. Masjid itu menjadi pusat syiar Islam yang sangat vital.

Masjid Nurul Ihsan digunakan sebagai tempat pelaksanaan shalat wajib, shalat Jumat, shalat hari raya Idul Fitri dan Idul Adha, pengajian, sunatan, hingga tempat belajar ilmu agama.

Berawal dari galang dana mandiri

Melihat kondisi masjid satu-satunya di kampung halamannya itu, Yasir memulai penggalangan dana secara mandiri, tanpa bantuan lembaga mana pun.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved