Gara-gara Hal Ini, Demokrat Pun Gagal Laporkan Balik Alumni HMI

Saat itu, SBY menyikapi aksi unjuk rasa sejumlah ormas Islam yang mendesak proses hukum terhadap Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias ...

Gara-gara Hal Ini, Demokrat Pun Gagal Laporkan Balik Alumni HMI
Lutfy Mairizal Putra
Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat Didi Irawadi Syamsudin di kantor Bareskrim Polri di kompleks Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Jumat (11/11/2016) 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA -- Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat Didi Irawadi Syamsudin mengatakan, pihaknya telah menyiapkan langkah terkait laporan Forum Silaturahmi Alumni HMI Lintas Generasi yang melaporkan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke Bareskrim Polri.

Baca: Air Mata Haru, Anggota Tim Ini Lega Setelah Memerdekakan Toirun yang Dipasung di Tubir Jurang

"Sebenarnya kami mau melaporkan balik pasal 317 (pasal pencemaran nama baik)," ujar Didi di kantor Bareskrim pada kompleks Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jumat (11/11/2016).

Baca: Trump Presiden, Mantan Imam Masjid New York Sebut Kami Menghormati Keputusan Masyarakat AS

"Tapi ternyata laporan mereka tidak diterima karena legal standing-nya tidak ada. Laporan kami juga tidak punya dasar hukumnya," kata dia.

Baca: Hartanya Capai Rp 31 Miliar, Ahmad Dhani Ternyata Calon Wakil Bupati Bekasi Terkaya

Forum Silaturahmi Alumni HMI Lintas Generasi menganggap SBY melakukan tindak pidana penghasutan saat pidato di kediamannya di Cikeas, Bogor, Selasa (2/11/2016).

Saat itu, SBY menyikapi aksi unjuk rasa sejumlah ormas Islam yang mendesak proses hukum terhadap Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Baca: Miris, Kakek 86 Tahun Ini Pilih Menyendiri di Gubuk setelah Tak Tahan Dengan Sikap Anaknya

Namun, HMI telah membantah menjadi pihak pelapor. Sebab, hanya dua organisasi resmi, yaitu PB HMI dan Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI).

Berkas tersebut juga belum ditindaklanjuti secara resmi sebagai laporan polisi (LP).

Baca: Cerita Operasi Elang, Kisah Penerjunan Pasukan AURI di Hutan Rimba Papua

"Tunggu saja langkah kami lebih lanjut. Kami akan lihat dulu ada potensi pencemaran nama baik dan fitnah. Laporan ini bukan batal tapi pending," ujar Didi.

Penulis : Lutfy Mairizal Putra

Editor: asmadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved