Jangan Sampai Kehilangan Hak Pilih, KPU Bangka Imbau Warga Lihat DPS di PPS

pemilih diimbau untuk berpartisipasi aktif mengecek pengumuman Data Pemilih Sementara (DPS).

Jangan Sampai Kehilangan Hak Pilih, KPU Bangka Imbau Warga Lihat DPS di PPS
IST
Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Kabupaten Bangka, Siti Aminah saat melakukan sosialisasi Pilgub Babel 2017 bersama Maskot Pilgub Babel Mentilin.

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Masyarakat yang memenuhi syarat sebagai pemilih diimbau untuk berpartisipasi aktif mengecek pengumuman Data Pemilih Sementara (DPS).

Pengumuman DPS tersebut bisa di lihat Sekretariat Panitia Pemungutan Suara (PPS) serta di tempat strategis yang ramai dan mudah diakses masyarakat seperti di pasar, masjid atau tempat lainnya.

Pasalnya tahapan penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung telah memasuki tahapan pengumuman dan tanggapan masyarakat terhadap DPS.

Hal ini sesuai dengan Keputusan KPU Babel No 12/kpts/KPU-009/Tahun 2016 tentang perubahan kedua atas Keputusan KPU Babel No. 01/kpts/KPU-Prov-009/Tahun 2016 tentang pedoman teknis tahapan,program dan jadwal penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Babel Tahun 2017.

"Kami mengimbau peran aktif masyarakat untuk mengecek pengumuman DPS apakah nama mereka sudah terdaftar dalam DPS," jelas Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Kabupaten Bangka, Siti Aminah melalui rilis KPU Kabupaten Bangka, Jumat (11/11/2016) kepada bangkapos.com.

Selain di tempat-tempat strategis tersebut, masyarakat juga bisa mengakses data pemilih tersebut melalui website pilkada2017.kpu.go.id.

Untuk itu bagi masyarakat yang belum masuk dalam DPS tersebut diharapkan untuk mendatangi Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat desa/kelurahan agar nama dan datanya bisa di masukkan kedalam DPS Hasil Perbaikan.

Siti Aminah juga berharap masyarakat yang belum memiliki KTP Elektronik agar segera melakukan perekaman di Kantor Dukcapil Kabupaten Bangka dan kantor kecamatan-kecamatan sehingga tidak kehilangan hak pilihnya dalam Pemilu Gubernur & Wakil Gubernur Babel yang akan berlangsung tanggal 15 Februari 2017 nanti.

Sebagai informasi, sesuai dengan hasil Rapat Pleno KPU Kabupaten Bangka tanggal 31 Oktober 2016, pemilih di Kabupaten Bangka yang terdaftar dlm DPS sebanyak 210.286, terdiri dari 107.587 pemilih laki-laki dan 102.699 pemilih perempuan yang tersebar di delapan kecamatan, 77 desa/kelurahan serta 584 TPS.

Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved