Kusmawati Yazid Berharap Bangka Bisa Lahirkan Atlet Sepeda Berprestasi

Atlet nasional yang turun di balap sepeda cross country asal Pangadaran Kabupaten Ciamis sudah 17 tahun menekuni dunia olahraga

Kusmawati Yazid Berharap Bangka Bisa Lahirkan Atlet Sepeda Berprestasi
bangkapos.com/Nurhayati
Kusmawati Yazid 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Perawakan imut, hitam manis dan ramah ini menjadi kesan pertama saat berkenalan dengan Kusmawati Yazid, Pembalap Sepeda Gunung Putri Indonesia yang telah malang melintang di dunia olahraga sepeda.

Atlet nasional yang turun di balap sepeda cross country asal Pangadaran Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat ini sudah 17 tahun menekuni dunia olahraga sepeda.

Sejak duduk di bangku SMP, gadis kelahiran 10 Agustus 1982 ini sudah aktif bersepeda. Bagi Kusma, panggilan akrabnya bersepeda memberikan keasyikan dan tantangan tersendiri yang sangat disukainya.

"Saya lebih suka tantangan, saya kurang lebih mungkin 17 tahun bersepeda. Bersepeda banyak sekali memberikan manfaat, selain sehat juga bisa berprestasi," ungkap Kusma kepada bangkapos.com, Minggu (13/11/2016) pagi saat akan menjajal Track XC Bukit Betung bersama Polygon dan Palawidja Sungailiat di Depan Rumah Dinas Bupati Bangka.

Berkat prestasinya di olahraga bersepeda inilah yang mengantarkan Kusma menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Dinas Keuangan Kabupaten Ciamis. Hingga kini karirnya sebagai PNS sudah berjalan sembilan tahun.

Bersepeda juga baginya bisa menjalin silaturahmi, keakraban dan kebersamaan dengan berbagai kalangan tanpa adanya sekat-sekat status sosial.

Berbagai prestasi ditorehkan atlet sepeda anak pasangan Abrorin Yazid dan Samini ini, baik untuk daerah kelahirannya maupun mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Empat kali meraih medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) yakni pada tahun 2004 di Palembang, tahun 2008 di Kalimantan, tahun 2012 di Riau dan tahun 2016 berhasil merebut dua emas sekaligus di Jawa Barat.

"Empat kali emas di PON, saya juga menekuni sepeda down hill, Sea Games di Indonesia saya diurutan ke tiga, Sea Games Myanmar dua emas, dan menjadi Best Asian Malaysia untuk world series," jelas Kusma.

Halaman
12
Penulis: nurhayati
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved