Tak Punya E-KTP 17.157 Warga Basel Tak Terdata, DPRD Akan Panggil Dukcapil

Jumlah warga yang paling banyak belum memiliki E-KTP di Kecamatan Toboali 9.198 orang.

Tak Punya E-KTP 17.157 Warga Basel Tak Terdata, DPRD Akan Panggil Dukcapil

BANGKAPOS.COM, BANGKA --Anggota DPRD Basel Samsir menjelaskan bahwa pihaknya akan memanggil dan mengelar rapat kerja dengan dinas Dukcapil terkait hasil pleno KPUD Bangka Selatan bahwa terdapat 17.157 yang belum terdata dikarenakan belum memiliki elektronik e-KTP.

Jumlah warga yang paling banyak belum memiliki E-KTP di Kecamatan Toboali 9.198 orang.

"Untuk itu Komisi satu DPRD Bangka Selatan akan menjadwalkan melakukan rapat kerja dengan Dinas kependudukan dan pencatatan sipil untuk mencari akar penyebab permasalahan keterlambatan proses perekaman dan percetakan KTP elektronik tersebut," jelas Samsir, Minggu (13/11).

Ia menambahkan pihaknya ingin mengetahui secara lebih rinci data warga yang belum dan sudah melakukan perekaman E-KTP.

"Berapa jumlah KTP yang sudah dicetak dan berapa yang belum selesai dicetak dan permasalahan apa sehingga belum selesai sampai saat ini, masalahnya pemerintah pusat dalam hal ini sudah berapa kali memperpanjang limit waktu penyelesaian perekaman dan percetakan KTP electroniknya dan sampai sekarang akan diperjuangkan lagi limitnya sampai akhir tahun 2017," tegas Samsir.

Lebih lanjut Samsir menyarankan dan merekomendasikan agar disdukcapil berkoordinasi dan bekerjasama dengan BPMDes agar kepala desa melalui Ketua RT agar mendata setiap warganya yang belum memiliki e-KTP.

"Yang sudah merekam tetapi belum dicetak selanjutnya jadwalkan kembali perekaman atau langsung melakukan perekaman ke desa masing masing karena kalau tidak ada perubahan limit akhir 2017 sudah tidak bisa lagi dilayani untuk pelayanan publik jika tidak memiliki e-KTP," harap Samsir. (n4)

Editor: Hendra
Sumber: babel news
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved