Atasi Kelangkaan Bibit Lada, BKP3 Gelar Magang Pembibitan Ex-Vitro

magang pembibitan lada ini diikuti aparatur penyuluh dan petani lada yang bergerak di bidang penangkaran bibit lada perwakilan kecamatan

Atasi Kelangkaan Bibit Lada, BKP3 Gelar Magang Pembibitan Ex-Vitro
Bangkapos/Nurhayati
Bupati Bangka H Tarmizi Saat menyampaikan sambutan, pada saat kegiatan magang pembibitan ex-vitro tahun 2016, Selasa (15/11/2016) di Hotel Tanjung Pesona Sungailiat. 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluh (BKP3) Kabupaten Bangka mengelar kegiatan magang pembibitan ex-vitro tahun 2016, Selasa (15/11/2016) di Hotel Tanjung Pesona Sungailiat.

Kegiatan magang pembibitan lada ini diikuti aparatur penyuluh dan petani lada yang bergerak di bidang penangkaran bibit lada perwakilan kecamatan.

Pihak BKP3 Kabupaten Bangka mendatangkan langsung narasumber dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) serta dari Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Pelaksanaan magang pembibitan lada dengan menerapkan sistem ex-vitro ini Kabid Ketahanan Pangan BKP3 Kabupaten Bangka, Subhan mengatakan, tujuan dilakukannya kegiatan ini untuk mendapatkan bibit lada yang bermutu, cepat dan murah.

Kegiatan ini juga dilakukan untuk meningkatkan kemampuan, pengetahuan dan ketrampilan petani lada melalui teknologi ex-vitro.
"Kegiatan ini juga untuk memberikan motivasi dan kemandirian petani lada dalam menerapkan teknologi ex-vitro guna meningkatkan kesejahteraannya," jelas Subhan.

Selain itu untuk mengatasi terjadinya kelangkaan dan tingginya harga bibit lada di Kabupaten Bangka.

Pelaksanaan magang pembibitan lada secara ex-vitro ini dilaksanakan selama empat hari mulai Selasa (15/11/2016) hingga Jumat (18/11/2016). Pada kegiatan magang ini juga dilakukan praktek perbanyakan bibit lada secara ex-vitro di Balai Benih Utama (BBU) Petaling Kecamatan Mendobarat.

Penulis: nurhayati
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved