KPU Mesti Punya Strategi Kreatif Untuk Dongkrak Partisipasi Pemilih

Belum maksimalnya partisipasi pemilih di Kabupaten Bangka tentu mempengaruhi proses penyelenggaraan pilkada serentak 2017 kelak

KPU Mesti Punya Strategi Kreatif Untuk Dongkrak Partisipasi Pemilih
IST
Analis Kebijakan Publik Bangka Belitung, Bambang Ari Satria 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Belum maksimalnya partisipasi pemilih di Kabupaten Bangka tentu mempengaruhi proses penyelenggaraan pilkada serentak 2017 kelak.

Partisipasi dalam era demokrasi merupakan indikator tertinggi pelaksanaan penyelenggaraan kekuasaan.

Semakin tinggi tingkat partisipasi, itu menandakan bahwa kualitas demokrasi semakin baik. Begitu pula sebaliknya.

Bambang Ari Satria, Dosen STISIPOL Pahlawan 12 Sungailiat menyarankan agar KPU punya strategi kreatif untuk mendongkrak partisipasi pemilih. Angka 68 persen partisipasi pemilih di Kabupaten Bangka tentu masih dibawah target nasional yang 75 persen.

Bambang menguraikan strategi kreatif bisa dengan cara mengoptimalkan peran PPS dan KPPS. Mereka yang berada di level bawah sangat mengetahui seluk-beluk mengapa masyarakat enggan hadir ke TPS pada waktu pemilihan.

"Kedua, bisa dengan cara mengajak komunitas-komunitas yang ada untuk mensosialisasikan betapa pentingnya memilih. Bila perlu komunitas tersebut mengadakan festival pilkada," imbuh Bambang.

Sosialisasi tatap muka yang diselenggarakan KPU sebaiknya digeser ke desa-desa, jangan hanya fokus di kota saja. Biasanya di desa masyarakat sering berkumpul ketika ada pasar malam dan dilapangan sepak bola. Libatkan PPS untuk mensosialisasikan pentingnya memilih.

Sosialisasi tatap muka yang dilaksanakan KPU Bangka, Kamis  (17/11/16) di Hotel Tanjung Pesona tentu tidak diketahui oleh masyarakat banyak.

"Yang paling penting, pelaksanaan pilkada merupakan tanggung jawab bersama antara penyelenggara pilkada baik itu KPU dan Bawaslu, pemerintah, partai politik dan masyarakat. Kerjasama saling menguatkan untuk mendongkrak partisipasi pemilih harus dilakukan," tukas Bambang.

Penulis: edwardi
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved