Inilah Empat Fakta Seputar Obat yang Penting Kita Ketahui

Seenteng apapun penyakit yang kita idap, tentu membutuhkan waktu untuk pulih. Sebab kerja obat tak seperti cabai, begitu digigit langsung

Inilah Empat Fakta Seputar Obat yang Penting Kita Ketahui
THINKSTOCKPHOTOS
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM--Seenteng apapun penyakit yang kita idap, tentu membutuhkan waktu untuk pulih. Sebab kerja obat tak seperti cabai, begitu digigit langsung terasa pedas.

Pasalnya, ada penyakit yang lebih lekas sembuh, apa pula yang lama. Nah, inilah empat fakta seputar obat yang harus kita tahu.

1. Jangan percaya obat hanya karena harganya 

Harap diingat, kualitas obat tak selalu ditentukan oleh harganya, loh. Tak semua obat mahal bakal memulihkan penyakit seratus persen.

Sebaliknya pun berlaku, tidak semua obat murah kualiasnya jelek. Kok begitu? Ternyata unsur kepercayaan kita sebagai pasien juga ikut menentukan kesembuhan.

Bila kita meyangsikan obat murah dapat menyembuhkan penyakit, kemungkinan besar penyakit tersebut benar-benar gagal disembuhkan.

Contoh obat generik. Sebaiknya kita jangan pernah meremehkan obat kelas dua ini. Obat generik itu sama persis dengan obat bermerek aslinya.

Apabila obat aslinya boleh diproduksi massal setelah hak patennya beralu, obat itu pun bisa dijual dengan harga yang lebih rendah dibandingkan ketika patennya masih berlaku.

Nah, kalau ada obat yang sama isinya dengan harga yang lebih murah, kenapa harus memilih harga yang mahal, bukan? Namun, terkadang ada juga pasein yang tak sebuh kalau resepnya murah. Begitu pula sebaliknya.

2. Obat bisa memunculkan penyakit baru 

Halaman
123
Editor: tidakada016
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved