Breaking News:

ADV Pasangan Yusron Ihza dan Yusroni

Jepang Siap Bantu Tanggulangi Masalah Lingkungan Babel

Jepang siap melakukan banyak hal untuk Bangka Belitung jika Yusron memang terpilih sebagai gubernur dalam Pilgub Babel

Penulis: M Zulkodri | Editor: Iwan Satriawan
ist
Calon gubernur Babel ketika berbincang dengan Sekjen LDP, Toshihiro Nikai yang didampingi sejumlah politisi, termasuk dua politisi senior Jepang. Masing-masing adalah mantan Menteri Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang, Hayashi dan mantan menteri KLH Jepang Mochizuki 

Laporan wartawan Bangka Pos,  Zulkodri

BANGKAPOS. COM,  BANGKA-- Duta Besar Indonesia untuk Jepang, Dr. H. Yusron Ihza, LL.M yang akan segera bertolak pulang ke tanah air mengikuti Pilgub Babel menyatakan bahwa Jepang siap membantu menanggulangi kerusakan lingkunan di Provinsi Bangka Belitung (Babel).

Pernyataan di atas disampaikan Yusron sehabis acara pamitan dirinya dengan sejumlah tokoh penting di Kantor Pusat Partai Demokrasi Liberal (LDP) yang merupakan partai terkuat dan paling berkuasa di Jepang, yang terletak di jantung kota Tokyo hari Kamis (1/12/2016) kemarin.

“Dalam acara pamitan dengan para kolega Jepang, saya sempat membahas masalah penanggulangan kerusakan lingkungan hidup di Babel. Amat menarik bahwa pihak Jepang menyatakan siap memberi bantuan untuk mengatasi masalah itu.” Demikian Yusron saat berbicara dengan Bangkapos, Jumat (02/01/2016) lewat jaringan telpon internasional.

Dalam pertemuan tersebut, Yusron diterima oleh Sekjen LDP, Toshihiro Nikai yang didampingi sejumlah politisi, termasuk dua politisi senior Jepang.

Masing-masing adalah mantan Menteri Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang, Hayashi dan mantan menteri KLH Jepang Mochizuki.

Dalam kesempatan itu, Yusron sempat berbicara tentang penanggulangan kerusakan lingkungan di Babel, terutama terkait aktifitas penambangan.

Mochizuki yang masih tetap berpengaruh dalam aktifitas lingkungan hidup mengatakan bahwa Jepang mempunyai dana yang besar yang dapat digelontorkan untuk masalah itu, termasuk juga pengiriman tenaga ahli.

Pernyataan Mochizuki di atas ditimpali oleh Nikai dengan mengatakan bahwa Jepang siap melakukan banyak hal untuk Bangka Belitung jika Yusron memang terpilih sebagai gubernur dalam Pilgub Babel tanggal 15 Pebruari 2017 itu.

“Di abad ke-20 yang lalu, manusia berperang demi mendapatkan bahan bakar atau energi. Tapi di abad ke-21 sekarang ini manusia mungkin akan berperang demi untuk mendapatkan air bersih dan bahan pangan,” ujar Nikai.

Oleh sebab itulah sambung Nikai, sekalipun sepi dan merasa kehilangan karena Yusron meninggalkan negeri mereka.

Tetapi mereka yakin Yusron dapat menjadi figur penting yang dapat membawa perubahan bagi Bangka Belitung, mereka akan selalu mendukung.

Mendapat dukungan tersebut, Yusron  mengucapkan terima kasih atas rencana bantuan Jepang untuk Babel itu.(*)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved