Aksi 2 Desember

Reaksi Jokowi Soal Penangkapan Sejumlah Tokoh Nasional Atas Tuduhan Makar

Presiden Joko Widodo enggan berkomentar soal penangkapan sejumlah tokoh yang diduga hendak berbuat makar.

Reaksi Jokowi Soal Penangkapan Sejumlah Tokoh Nasional Atas Tuduhan Makar
Kompas.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELI
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) diabadikan usai memberikan sambutan pembukaan 'International Mathematics and Science Olympic' (IMSO) 2016 di Hotel Allium, Tangerang. Rabu (9/11/2016). Olimpiade matematika dan sains internasional tingkat sekolah dasar ini diikuti oleh peserta dari 22 Negara. 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Menanggapi adanya penangkapan yang dilakukan oleh Polda Metro Jaya terhadap sejumlah orang yang diduga hendak berbuat makar, Presiden Joko Widodo enggan berkomentar.

Presiden Jokowi meminta kepada awak media agar menanyakan informasi terkait penangkapan tersebut kepada Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

"Tanya Kapolri," ujar Presiden Jokowi disela peninjauan venue Asian Games di GBK Senayan, Jakarta, Jumat (2/12/2016).

Diberitakan sebelumnya, aparat kepolisian mengamankan sekitar delapan orang menjelang pelaksanaan aksi 'Bela Islam Jilid III' yang berlangsung di lapangan Monas, Jumat (2/12/2016).

Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Boy Rafli Amar, mengonfirmasi adanya upaya pengamananan sejumlah orang itu yang dilakukan oleh jajaran Polda Metro Jaya.

"Iya, di luar agenda ini. Sedang dalam pemeriksaan Polda Metro," ujar Boy, kepada wartawan, Jumat (2/12/2016).

Namun, dia belum mau mengungkap identitas delapan orang tersebut. Menurut Boy, aparat kepolisian sedang meminta keterangan.

Berdasarkan informasi yang telah terkonfirmasi, sejumlah orang tersebut yakni Rahmawati Soekarnoputri dan Ratna Sarumpaet.

IPW desak copot Kapolda Metro Jaya

Ketua Presidium Indonesian Police Watch (IPW) Neta S Pane mendesak Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk segera mencopot Kapolda Metro Jaya Irjen Mochaman Iriawan dari jabatannya itu, karena telah melakukan penangkapan terhadap delapan tokoh masyarakat menjelang berlangsungnya aksi damai 212, Jumat (2/11/2016).

Halaman
12
Editor: fitriadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved