Pesawat Jatuh

Pesawat Andalan Polisi Udara itu Kini Tersisa Satu Unit, Tiga Alami Kecelakaan

Tercatat sudah tiga kali kecelakaan menimpa M28 Skytruck milik Polri yang dibeli sebanyak 4 unit. Pesawat pertama P-4204 jatuh di Wangga

Pesawat Andalan Polisi Udara itu Kini Tersisa Satu Unit, Tiga Alami Kecelakaan
IST
Pesawat M28 Skytruck milik Polri yang hilang dan dikabarkan jatuh di perairan Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, Sabtu (3/12/2016) siang. 

BANGKAPOS.COM--Pesawat jenis Skytruck milik Polri yang hilang kontak di perairan Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, Sabtu (3/12/2016), merupakan pesawat yang penuh pahala.

Pesawat itu pernah digunakan dalam berbagai operasi kemanusiaan maupun penegakan hukum.

Baca: Beginilah Detik-detik Jatuhnya Pesawat Polri, Ini Kesaksian Lima Nelayan di TKP

Pesawat yang membawa 13 penumpang tersebut berangkat dari Pangkalpinang pada pukul 09.24 WIB. Sedianya, pesawat tiba di Batam pada pukul 10.58 WIB.

Namun, hingga saat ini, tidak ada lagi komunikasi antara pilot pesawat dan petugas di menara pemandu lalu lintas di Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah di Tanjungpinang, Kepulauan Riau.

Dalam keterangan tertulis yang diperoleh dari Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Boy Rafli Amar, pesawat yang dibuat di Polandia pada 2004 itu telah menempuh 2.514 jam terbang.

Berdasarkan riwayat operasional, pesawat dengan kode penerbangan P4201 tersebut pernah digunakan dalam operasi kemanusiaan saat terjadi tsunami di Aceh dan operasi Sintuwo Maruso di Palu pada tahun 2007.

Pesawat juga pernah dipakai dalam operasi kemanusiaan gempa bumi di Padang tahun 2009 dan operasi penanganan illegal fishing di Natuna pada tahun 2009 serta dalam operasi UP4B di Papua pada tahun 2012.

Tak hanya itu, pesawat juga pernah dipakai untuk operasi change crew (pertukaran personel) wilayah timur dari Pondok Cabe Tangerang menuju Semarang dan dari Surabaya kembali ke Pondok Cabe.

Pesawat M28 Skytruck sendiri merupakan pesawat dengan kemampuan STOL (Short Take Off & Landing) buatan pabrikan PZL Mielec.

Desainnya sendiri diambil dari Antonov-28 yang merupakan pesawat utilitas jarak pendek. Polandia yang selama Perang Dingin menjadi basis produksi dari An-28, dengan segera memproduksi versi lokal dalam bentuk M28 Skytruck segera setelah Uni Soviet pecah.

Halaman
12
Editor: tidakada016
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved