Breaking News:

Matteo Renzi Mundur, Uni Eropa Pun Bergolak

Renzi mempertaruhkan karir politiknya dalam referendum yang diniatkan untuk mengebiri kekuasaan Senat dan memperkuat eksekutif....

Reuters
Matteo Renzi 

BANGKAPOS.COM, VIENNA -- Kekalahan kandidat populis kanan, Norbert Hofer, dalam Pemilu Austria gagal mengusir kegelisahan yang muncul setelah PM Italia, Matteo Renzi, juga mundur.

Baca: Berani, Fayakhun Sebut Novanto Inginkan Kasus Pemukulan Diselesaikan secara Organisasi

Kini Eropa menghadapi masa ketidakpastian ketika akan masuk ke tahun 2017, sebagaimana dilaporkan media Jerman, Deutche Welle, Senin (5/12/2016).

Baca: Tega, Gara-gara Tolak Rujuk, Wanita Ini Disiram Air Keras Oleh Suaminya

Akhir Agustus silam pulau Ventotene di lepas pantai Napoli, Italia, riuh oleh kedatangan tiga pembesar Eropa.

Di depan makam Altiero Spinelli, salah seorang bapak pendiri Uni Eropa, ketiganya berikrar persatuan setelah Inggris memilih hengkang (Brexit).

Baca: Suara Ariel Bikin Semua Teralihkan Saat Sophia Latjuba Ditertawakan

Mereka adalah Presiden Perancis Francois Hollande, PM Italia Matteo Renzi, dan Kanselir Jerman Angela Merkel. "Ini adalah awal bagi Eropa yang baru," kata Merkel saat itu.

Tiga bulan setelah pertemuan simbolik itu, Eropa kembali terseret di jurang perpecahan yang sama.

Baca: Bertemu Agus Yudhoyono, Ibu Ini Histeris dan Bilang Aku Takut Pingsan

Hollande menyatakan tidak akan mencalonkan diri lagi dalam pemilu Perancis. Kini Matteo Renzi harus lengser setelah kalah dalam referendum.

Karir demi gagasan
Renzi mempertaruhkan karir politiknya dalam referendum yang diniatkan untuk mengebiri kekuasaan Senat dan memperkuat eksekutif.

Sejak kejatuhan rezim fasis Benito Mussolini pada tahun 1945, Italia menyerahkan kekuasaan absolut pada dua kamar legislatif.

Meski demokratis, sistem tersebut membuat negara ekonomi terbesar ketiga di Uni Eropa itu menjadi lambat dan imun terhadap perubahan.

Halaman
12
Editor: Asmadi Pandapotan Siregar
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved