2 WNA Menghilang dari Toboali, DPRD Basel Desak Imigrasi Segera Mencari

Imigrasi diminta segera mencari dua Warga Asing asing (WNA) asal China yang pernah berdomisili di Desa Keposang, Toboali.

2 WNA Menghilang dari Toboali, DPRD Basel Desak Imigrasi Segera Mencari
Bangkapos.com/Riki Pratama
Ketua DPRD Basel Sipioni 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Riki Pratama

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Ketua DPRD Bangka Selatan Sipioni mengingatkan pihak Imigrasi untuk segera mencari dua Warga Asing asing (WNA) asal China yang pernah berdomisili di Desa Keposang, Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan.

Menurut politisi PDIP itu, pihak Imigrasi dan pihak keamanan harus mencari apa latar belakang kedatangan warga negara asing tersebut, karena masalah warga negara asing bukan masalah biasa, tetapi menyangkut keamanan NKRI.

"Harus secepatnya dicari, karena kita tidak tahu apa yang menjadi misi lainnya datang ke Basel, masak pihak Imigrasi bisa kecolongan, tidak mengetahui keberadan orang asing di Basel. Mohon kepada pihak Imigrasi dan pihak keamanan mencari keberadaan warga asing tersebut," kata Sipioni kepada bangkapos.com, Kamis (8/12/2016).

Baca: Dua WNA Ilegal Bekerja Ditambang Batu Keposang

Selain itu, kata Sipioni, seharusnya siapa yang menampung warga asing tersebut tahu banyak mengenai keberadaannya.

"Penampungnya harus memberitahu, masak ia yang menampung tidak tahu, tidak masuk akal. Kita harapkan masyarakat juga bekerjasama bila mengetahuinya. Masalah warga asing ini bukan masalah biasa, karena menyangkut keamanan NKRI," tegasnya.

Baca: 900 WNA Bekerja di Bangka Belitung, Paling Banyak di Pertambangan

Sementara Kasubsi Informasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Pangkalpinang Iqbal Rifai ketika dikonfirmasi mengatakan pihaknya hingga saat ini belum mengetahui di mana keberadaan warga asing tersebut.

"Kita masih mencari, nanti kita kabari perkembangannya," ujar Iqbal kepada bangkapos.com, Kamis (8/12/2016).

Baca: Aming Bantah Dituding Pekerjakan WNA Asing

Selain itu pihak Imigrasi juga belum mendapatkan email yang dijanjikan oleh Iwan, warga Keposang, yang akan mengirim data pasport dan visa warga asing tersebut.

"Itu juga belum ada kabar, mas," kata Iqbal.

Namun ketika disinggung apakah keberadaan WNA asal China masih berada di Bangka, kembali Iqbal mengatakan belum bisa dipastikan.

"Belum bisa dipastikan, hari ini ada tim yang sedang mencarinya," kata Iqbal.

Penulis: Riki Pratama
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved