Segudang Manfaat Berenang untuk Anak-anak

Selain IQ, kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan sosial anak juga tumbuh lebih baik dengan aktivitas berenang yang rutin.

Segudang Manfaat Berenang untuk Anak-anak
dok.Atlantis Water Adventures (AWA) Ancol
Kolam anak atau kiddy pool di Atlantis Water Adventures (AWA) Ancol. 

Kecerdasan buah hati kita sebenarnya tidak hanya dapat diukur melalui prestasi yang dia dapat di bangku sekolah.

Ada beragam variabel lain yang ikut mempengaruhi kecerdasan anak-anak. Misalnya, musik, aktivitas fisik dan olahraga.

Salah satu kegiatan fisik yang paling banyak diminati anak-anak adalah interaksi dengan air, yakni berenang.

Banyak orang meyakini aktivitas berenang memberikan banyak manfaat. Untuk balita, berenang  selain menggembirakan juga membantu balita yang takut air untuk mengasah kemandiriannya serta keberanian dan rasa percaya dirinya. 

Berenang juga membantu menumbuhkan perkembangan motorik anak, kardio, pernafasan serta mencegah anak dari ancaman obesitas atau kelebihan berat badan. Hal ini mengacu pada hasil sebuah riset University of Science and Technology di Norwegia.

Berenang juga bisa mengasah kemampuan bersosialisasi anak dengan orang lain. Berenang juga membantu menumbuhkan perkembangan motorik anak, kardio, pernafasan serta mencegah anak dari ancaman obesitas atau kelebihan berat badan.

Sebuah hasil penelitian di Kota Melbourne, Australia menunjukkan, secara statistis, kecerdasan intelektual atau IQ anak yang diajarkan berenang sejak bayi terbukti lebih tinggi ketimbang anak-anak yang tak diajarkan berenang atau baru diajarkan berenang setelah usia 5 tahun.

Selain IQ, kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan sosial anak juga tumbuh lebih baik dengan aktivitas berenang yang rutin.

Terlepas dari berbagai manfaat di atas, berenang terbukti juga merupakan aktivitas interaktif yang terbukti menyenangkan dan menyehatkan.

Para orangtua sebaiknya mengenalkan sejak dini anak-anak mereka kepada olahraga air ini, seperti baby spa swimming, baby underwater swimming, hingga bisa berenang secara mandiri di usia sekolah.

Halaman
12
Editor: fitriadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved