Polisi Jepang Berhasil Menggagalkan Penyelundupan 154 Kg Narkoba Asal China

Polisi Jepang berhasil menggagalkan upaya penyelundupan narkoba yang dilakukan oleh warga negara Taiwan

Polisi Jepang Berhasil Menggagalkan Penyelundupan 154 Kg Narkoba Asal China
NHK
Narkoba 154 kilogram yang berhasil disita dari penyelundupan yang dilakukan Zhong Jiaxian warga Taiwan, dari China ke Jepang. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Tokyo

BANGKAPOS.COM, TOKYO - Polisi Jepang berhasil menggagalkan upaya penyelundupan narkoba yang dilakukan oleh warga negara Taiwan, Zhong Jiaxian (37), Oktober lalu.

Ini adalah penyelundupan terbesar kedua setelah penyelundupan Juli lalu dengan jumlah 154 kilogram narkoba juga dari China.

"Nilai narkoba diperkirakan sedikitnya 10,5 miliar yen diselundupkan di dalam kapal kargo ke daerah Kotoku Tokyo lewat laut. Polisi juga menggeledah dan menemukan banyak narkoba di rumahnya di daerah Adachiku Tokyo," ungkap sumber Tribunnews.com, Rabu (14/12/2016).

Penyelundupan tersebut diduga kuat kepolisian yang bekerjasama dengan imigrasi Jepang sebagai satu upaya kegiatan para sindikat kejahatan China untuk memasarkan narkoba dan mencari uang di Jepang.

"Belum tahu apakah ada kerja sama dengan mafia Jepang (yakuza), masih terus diselidiki lebih lanjut," tambahnya.

"Penyelundupan narkoba tahun ini merupakan penyelundupan terbesar dalam 10 tahun terakhir yang menandakan juga adanya persaingan sangat ketat para pelaku penyelundup narkoba di Jepang di tengah persaingan harga. Sehingga membuat harga narkoba emakin menurun atau bersaingan ketat di Jepang," kata dia.

Kerja sama dengan Yakuza diperkirakan terjadi karena narkoba merupakan salah satu penghasil utama uang masuk yakuza yang saat ini semakin diperketat ruang gerak usahanya di Jepang oleh kalangan otoritas kepolisian Jepang.

Info lengkap yakuza dapat dibaca di www.yakuza.in.

Editor: Hendra
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved