Breaking News:

Hercules TNI AU Jatuh

13 Personel TNI AU Tewas dalam Hercules Jatuh di Papua

Tim pencari sudah menemukan lokasi pesawat nahas tersebut. Semua penumpang dan kru dinyatakan tewas. Enam jasad sudah ditemukan.

HANDOUT
Proses evakuasi puing pesawat C-130 HS, A-1334 yang diawaki Mayor Penerbang Marlon yang menabrak Gunung Tugima di Kabupaten Wamena, Minggu (18/12/2016). 

BANGKAPOS.com, JAYAPURA - Pesawat Hercules A-1334 Navex 32 milik TNI AU yang mengangkut 13 orang termasuk kru dan penumpang, jatuh di sekitar Gunung Lisuwa, Kampung Maima, Distrik Minimo, Kabupaten Jayawijaya, Minggu (18/12/2016) pagi.

Tim pencari sudah menemukan lokasi pesawat nahas tersebut. Semua penumpang dan kru dinyatakan tewas. Enam jasad sudah ditemukan.

Jasad kru yang sudah ditemukan akan dibawa ke Biak, Kabupaten Biak Numfor, atau Nabire, Kabupaten Nabire.

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Teguh PR ketika dikonfirmasi, Minggu, terkait informasi tersebut membenarkan bahwa ada pesawat milik TNI AU yang hilang kontak.

"Tadi sekitar pukul 08.00 WIT, kami mendapat informasi dari pangkalan TNI AU Wamena bahwa sekitar pukul 06.09 WIT telah hilang kontak pesawat Hercules Jenis A-1334 Navex 32 milik TNI AU route Timika-Wamena dengan Pilot Mayor PNB Marlon," katanya.

Pesawat nahas tersebut membawa 12 personel TNI AU termasuk satu perwira Satuan Radar diperkirakan hilang kontak di sekitar Gunung Lisuwa, Kampung Maima Distrik Minimo Kabupaten Jayawijaya.

"Informasinya pesawat itu membawa kru sebanyak 12 orang," katanya.

Berdasarkan informasi lapangan yang diterima Antara di Kota Jayapura, pesawat Hercules tersebut sedang mengangkut bahan makanan dan sejumlah material lainnya, yang berangkat dari Timika pada Minggu pagi sekitar pukul 05.35 WIT, dan diperkirakan tiba di Wamena pukul 06.13 WIT.

Sebelum jatuh, pesawat sempat kontak dengan tower bandara Wamena terakhir pukul 06.02 WIT.

Pada pukul 06.08 pesawat tersebut dapat dilihat dari tower Wamena ketika akan mendarat, namun semenit kemudian hilang kontak dengan tower.

Dua jam kemudian atau pada pukul 08.40 WIT, lokasi pesawat jatuh telah ditemukan oleh 30 personel Kodim 1702/Jayawijaya yang dipimpin oleh Pasi Intel Kapten Inf Irvan di Gunung Lisuwa, Distrik Minimo, Kabupaten Jayawijaya.

Hingga berita ini diturunkan, Tim SAR, aparat TNI, Polri di Wamena sedang berupaya evakuasi para kru pesawat.

Di dalam pesawat itu ada 12 personel TNI AU: Mayor Pnb Marlon A Kawer, Kapten Pnb J Hontian F Saragih, Lettu Pnb Hanggo Fitradhi, Lettu Nav Arif Fajar Prayogi, Peltu Lukman Hakim, Peltu Suyata, Peltu Kusen, Serma Kudori, Peltu Agung Tri, Pelda Agung S, Serma Fatoni dan Serda Suyanto.

Sedangkan identitas perwira Satuan Radar belum dipublikasikan.(antara)

Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved