Pesawat Jatuh

Hercules TNI Naas Ini Ternyata Bekas Pakai Angkatan Udara Australia

Pesawat bekas pakai AU Australia (RAAF) yang jatuh menabrak Gunung Tugima dibeli Pemerintah Indonesia melalui mekanisme hibah.

Hercules TNI Naas Ini Ternyata Bekas Pakai Angkatan Udara Australia
RAAF
Serah terima pesawat C-130HS dari AU Australia kepada TNI AU. 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Pesawat C-130HS Hercules nomor registrasi A-1334 milik TNI AU yang jatuh di Gunung Lisua, Kabupaten Jaya Wijaya, dalam penerbangan dari Timika ke Wamena, Minggu (18/12/2016), baru dioperasikan selama 10 bulan.

Pesawat bekas pakai AU Australia (RAAF) yang dibeli Pemerintah Indonesia melalui mekanisme hibah dan peningkatan kemampuan (upgrade) ini diserahterimakan kepada Indonesia di Australia pada 8 Februari 2016.

Baca: Beberapa Mayat Korban Jatuhnya Pesawat TNI AU Masih Utuh

Baca: 13 Personel TNI AU Tewas dalam Hercules Jatuh di Papua

Baca: Pesawat TNI AU Hancur Tabrak Gunung Tugima

RAAF Base Richmond Senior Australian Defence Force Officer Air Commodore Richard Lennon, CSC saat itu secara simbolik menyerahkan kunci pesawat C-130 kepada Komandan Skadron Udara 31 Letkol Pnb Wisoko “Wish” Aribowo pada upacara serah terima pesawat di Australia, 8 Februari 2016.

Seremoni serah terima kunci pesawat A-1334 juga dilakukan oleh Vice President Airbus Fixed Wing Ken Miller kepada Letkol Pnb Wisoko Aribowo.

Baca: Sinyal Boaz Mundur dari Timnas Indonesia

Baca: Riedl Bela Aksi Nakal Abduh Lestaluhu, Ternyata Ini Penyebabnya

Abduh Lestaluhu
Bek Timnas Indonesia Abduh Lestaluhu mendapat kartu merah dari wasit karena menendang bola ke arah barisan pemain cadangan dan official Timnas Thailand pada final Piala AFF 2016 di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/12/2016). Tampak Abduh Lestaluhu tak gentar didatangi para pemain Thailand.

Pemerintah Indonesia menerima hibah empat pesawat C-130 bekas pakai AU Australia yang kemudian ditingkatkan kemampuannya di Australia.

Keempat pesawat  C-130 tersebut telah datang ke Indonesia yaitu A-1331, A-1332, A-1333, dan A-1334. Setelah itu Indonesia membeli tambahan lima pesawat lagi bekas pakai RAAF. Yang baru tiba adalah A-1335.

Editor: fitriadi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved