PT Timah Tbk Istiqomah Mereklamasi Lahan Eks Tambang, Dirut Riza Pahlevi Kagumi Manfaat Pelawan

Direktur Utama PT Timah Tbk Mochtar Riza Pahlevi Thabrani kagum mengetahui begitu banyak manfaat dari Pohon Pelawan.

PT Timah Tbk Istiqomah Mereklamasi Lahan Eks Tambang, Dirut Riza Pahlevi Kagumi Manfaat Pelawan
IST
Dirut PT Timah Tbk Mochtar Riza Pahlevi Thabrani berdialong bersama Pembina Yayasan O2 Pelawan Suhada dan Dirops Muhammad Rizky berserta beberapa para pejabat PT Timah Tbk, sebelum menanam bibit pohon Pelawan, di Lahan Reklamasi Air Jangkang Desa Riding Panjang Kabupaten Bangka, Sabtu (17/12/2016).

BANGKA, BANGKAPOS.COM -- Direktur Utama PT Timah Tbk Mochtar Riza Pahlevi Thabrani kagum mengetahui begitu banyak manfaat dari Pohon Pelawan.

Selain kulat dan madu pelawan yang sudah terkenal, ternyata getah dan daun pelawan juga memiliki khasiat yang sangat mumpuni untuk kesehatan.

Riza sangat antusias mendengar pemaparan dari Suhada, Pembina Yasayan O2 Pelawan yang menjelasan beragam kelebihan dan keunikan tanaman lokal Bangka Belitung ini. Setiap lembar daun pelawan, bisa dibuat teh beragam jenis dan khasiat, sesuai usia daun tersebut.

"Jika saya jelasakan semua manfaat daun pelawan ini, mulai pucuk berwarna kemerahan ini sampai daun yang paling tua berwarna hijau tua ini, saya khawatir pohon pelawan ini bisa gundul, karena semua daun akan dipetik oleh masyarakat," ujar Suhada, yang disambut senyum oleh M Riza Pahlevi Thabrani.

Obrolan singkat ini terjadi, sesaat sebelum penanaman secara simbolis pohon pelawan di lahan Reklamasi Air Jangkang PT Timah Tbk, di Desa Riding Panjang Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka, Sabtu (17/12/2016).

Menurut Riza, reklamasi lahan eks tambang timah menggunakan pohon Pelawan ini menjadi satu langkah yang sangat positif. Selain PT Timah Tbk ikut melestarikan dan mengembangkan tanaman endemik lokal, tanaman ini juga ternyata mengandung banyak manfaat untuk kesehatan masyarakat.

"Tentu hal ini sangat selaras dengan program reklamasi PT Timah, yang menyeimbangkan fungsi lingkungan dengan azas manfaat yang dapat dirasakan masyarakat sekitar lahan reklamasi," ujar Riza.

Pada Sabtu (17/12/2016) pagi, PT Timah Tbk bermitra dengan Yayasan O2 Pelawan melakukan penanaman 2.500 pohon Pelawan, di Lahan Reklamasi Air Jangkang PT Timah Tbk.

Lahan reklamasi ini terletak di Jalan Seri Bulan Desa Riding Panjang Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka. Lahan yang akan menjadi percontohan tanaman pelawan ini hanya seluas satu hektar.

Sementara sekitar 60 hektar lainnya sudah ditanami berbabagai tanaman lainnya, seperti Sengon Laut, Jambon, Cemara Laut, Nyatoh dan Trembesi. Bahkan beberapa lokasi di lahan reklamasi ini ditanami Buah Naga, Kangkung, Cabai dan beberapa tanaman holtikultura.

Halaman
123
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved