Bupati Bangka Selatan Berikan Apresiasi Reklamasi yang Dilakukan PT Timah

Menurut Justiar Reklamasi adalah kegiatan yang dilakukan sepanjang tahapan usaha pertambangan untuk menata, memulihkan,

Bupati Bangka Selatan Berikan Apresiasi Reklamasi yang Dilakukan PT Timah
Bangkapos/Riki Pratama
PT Timah melaksanakan Reklamasi, di lokasi air kuning Desa Bencah Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Basel, Rabu (21/12/2016) 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Riki Pratama

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- PT Timah melaksanakan Reklamasi, di lokasi air kuning Desa Bencah Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Basel, Rabu (21/12/2016) dengan pola pemberdayaan masyarakat sekitar lokasi tambang melalui program kemitraan antara PT Timah (persero) Tbk dengan PT TAM dan Bumdes bencah mandiri Desa Bencah.

Dalam pelaksanaan acara dihadiri oleh Bupati Bangka Selatan Justiar Noer yang menyambut baik upaya PT Timah melakukan Reklamasi kawasan eks tambang di Desa Bencah.

Menurut Justiar Reklamasi adalah kegiatan yang dilakukan sepanjang tahapan usaha pertambangan untuk menata, memulihkan, dan memperbaiki kualitas lingkungan dan ekosistem agar dapat berfungsi kembali sesuai peruntukanya.

"Tujuan akhir dari reklamasi tersebut adalah terciptanya kahan bekas tambang yang kondisinya aman, stabil dan seperti kita ketahui bersama bahwa kegiatan penambangan timah di darat dan laut telah berlangsung lama khususnya di Bangka Belitung,"jelas Bupati kepada bangkapos.com, Rabu (21/12/2016)

Sehingga, lanjut Justiar ini memiliki dampak yang ditimbulkan tidak sedikit seperti hilangnya vegetasi alam, penurunan sifat fisik kimia tanah serta berkurangnya habitat satwa liar. Lahan paskatambang timah dinominasi oleh hamparan tailing, overburden dan kolong.

"Untuk memanfaatkan kembali lahan pascatambang timah perlu dilakukan reklamasi dan rehabitasi. Kami menyampaikan apresiasi dan dukungan kepada PT Timah dalam kegiatan reklamasi di lokasi air kuning Desa Benca Ini,"jelasnya

Penulis: Riki Pratama
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved