Breaking News:

Ini Dia 10 Kejadian Paling Menghebohkan di Indonesia Sepanjang 2016

Banyak kejadian menghebohkan yang terjadi di Indonesia sepanjang 2016.

Editor: fitriadi
TRIBUN/BIAN HARNANSA
Foto udara menunjukkan massa Aksi Damai 212 memenuhi kawasan silang Monas, Jakarta, Jumat (2/12/2016). Massa aksi menggelar salat Jumat bersama lalu menggelar dzikir dan doa untuk kebaikan bangsa dan negara. 

BANGKAPOS.COM - Banyak kejadian menghebohkan yang terjadi di Indonesia sepanjang 2016.

Tribunnews.com mencoba merangkum 10 kejadian paling menyita perhatian pembaca dari ribuan peristiwa terpopuler.

Berikut ringkasannya:

1. Kopi Sianida

Jessica Kumala Wongso usai menjalani sidang putusan di Pengadilan Negeri
Jessica Kumala Wongso usai menjalani sidang putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (27/10/2016). Hakim memberikan vonis 20 tahun penjara karena Jessica dianggap bersalah dan memenuhi unsur dalam Pasal 340 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang Pembunuhan Berencana.

Kasus kopi sianida bermula dengan meninggalnya Wayan Mirna Salihin (27) usai minum es kopi di Restoran Olivia West Mall Grand Indonesia lantai ground floor Tanah Abang pada Rabu (6/1/2016) silam.

Kasus inipun akhirnya berbuntut panjang, hingga menyeret sahabat Mirna, Jessica Kumala Wongso sebagai tersangka.

Sidang Jessica inipun menarik perhatian publik karena memakan waktu yang lama hingga berbulan-bulan serta disiarkan secara langsung oleh stasiun tv swasta.

Jessica menjalani sidang perdana pada Rabu 15 Juni 2016: Jaksa Penuntut Umum (JPU) mendakwa Jessica dengan Pasal 340 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang Pembunuhan Berencana dengan ancaman hukuman maksimal hukuman mati.

Sidang itu terus bergulir, hingga Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat menjatuhkan terdakwa kasus dugaan pembunuhan berencana kopi bersianida, Jessica Kumala Wongso dengan vonis 20 tahun penjara.

"Menyatakan terdakwa tersebut secara sah dan meyakinkan melakukan pembunuhan berencana sebagaimana dakwaan penuntut umum," kata hakim ketua Kisworo saat membacakan amar putusan di PN Jakarta Pusat, Kamis (27/10/2016).

2. Bom Thamrin/Sarinah

http://cdn2.tstatic.net/kaltim/foto/bank/images/terduga-pelaku-teroris-sarinah_20160116_082658.jpg

Foto ini dirilis oleh agensi berita China Xinhua, seorang pria tak dikenal dengan senjata, terduga pelaku, terlihat setelah ledakan menghantam kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, 14 Januari 2016. Serangkaian ledakan menewaskan sejumlah orang, terjadi baku tembak antara polisi dan beberapa orang yang diduga pelaku.(AP/VERI SANOVRI)

Masih di bulan yang sama, peristiwa menghebohkan lainnya terjadi di Indonesia menyusul aksi bom Jalan MH Thamrin, Sarinah, Jakarta Pusat, Kamis (14/1/2016).

Kejadian itu membuat banyak orang kaget karena tak hanya ledakan bom, namun juga aksi baku tembak yang dilakukan para pelaku.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved