Bupati Akan Buktikan Hasil Penggunaan Pupuk dan Asam Semut PT Pupuk Kujang ke Petani

ia sudah mencoba sendiri pemakaian pupuk PT Pupuk Kujang di kebunnya sehingga nanti bisa mencontoh bagi para petani di Kabupaten Bangka

Bupati Akan Buktikan Hasil Penggunaan Pupuk dan Asam Semut PT Pupuk Kujang ke Petani
Nurhayati/bangkapos.com
Bupati Bangka H Tarmizi Saat menandatangi kerjasama dengan PT Pupuk Kujang dan CV Wijaya Bersama, Rabu (4/1/2016) di Kebun pribadi bupati di Kelurahan Matras. 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Bupati Bangka H Tarmizi Saat melakukan kesepakatan bersama penandangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan mengenai pupuk dan asam semut dengan PT Pupuk Kujang dan PT Wijaya Bersama, Rabu (4/1/2017) di kebun pribadinya di Kelurahan Matras.

Ia menyambut baik adanya MoU ini karena bisa memberikan jaminan ketersediaan pupuk bagi para petani. Selain itu juga para petani bisa menggunakan asam semut untuk karet.

Bahkan ia sudah mencoba sendiri pemakaian pupuk PT Pupuk Kujang di kebunnya sehingga nanti bisa mencontoh bagi para petani di Kabupaten Bangka.

"Saya baru nyoba beli 1 ton untuk pupuk tanaman lada daun kecil dan daun lebar serta untuk pembuahan lada. Ini baru saya coba satu karung untuk pupuknya, pucuknya sudah banyak keluarnya. Saya coba dari kebun saya dulu. Baik untuk lada, sawit kita akan coba. Kalau bagus saya pesen 10 ton nanti untuk pribadi," jelas Tarmizi.

Menurutnya, pupuk PT Pupuk Kujang ini asli, mudah larut dan aplikasinya. Disamping itu juga pupuk ini mengandung organik dan mikroba.

Untuk itu hasil praktek yang dilakukannya ini akan direkomendasimkan kepada petani

"Biasanya kita perlu NPK, urea, TSP, KSL kalau ini bisa semuanya tidak usah dicampur lagi. Lebih hemat dan waktunya juga sama," kata Tarmizi.

Sedangkan untuk pemakaian asam semut biasanya setelah menyadap karet baru mengumpulkan getahnya, setelah itu datang mengambil getah karet sehingga membutuhkan waktu lama.

Namun dengan menggunakan asam semut, setelah diberi tetesan asam semut tersebut tidak perlu repot karena satu atau dua minggu karet yang disadap bisa langsung diambil getahnya. Dengan pemakaian asam semut harga karet justru lebih tinggi.

Halaman
123
Penulis: nurhayati
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved