Bandara Depati Amir Siapkan Konter Khusus Informasi Turis

Kabid Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Babel Arie Prima Jaya menjelaskan, fungsi TIC untuk memperkenalkan potensi pariwisata

Bandara Depati Amir Siapkan Konter Khusus Informasi Turis
BANGKA POS/RESHA JUHARI
Eksterior dan Interior terminal baru Bandara Depati Amir, Pangkalpinang, Jumat (2/9/2016). Hingga kini, bandara yang menghabiskan dana ratusan milliaran rupiah itu belum juga diresmikan dengan berbagai hambatan. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Babel membuka konter khusus TIC (touris information center) atau pusat informasi pariwisata di Bandara Depati Amir Pangkalpinang yang baru.

Sesuai rencana, TIC Disbudpar Babel akan beroperasi, Rabu (11/1) besok, bersamaan dengan peresmian bandara baru tersebut.

Kabid Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Babel Arie Prima Jaya menjelaskan, fungsi TIC untuk memperkenalkan potensi pariwisata di Babel. Wisatawan lebih banyak masuk ke Babel melalui bandara.

"TIC kita tempatkan di ruang kedatangan penumpang. Kita sewa tempat ukuran 2,5 x 5 meter. Di sana tersedia brosur, DVD, serta informasi destinasi pariwisata di Babel," jelas Arie Primajaya didampingi Kasi Pelayanan Informasi Pariwisata Handayani, Senin (9/1).

Menurutnya, DVD dan brosur dibagikan gratis kepada wisatawan yang membutuhkan informasi serta banyak hal tentang Babel. Ari mengatakan, informasi itu tidak hanya berupa pariwisata saja, namun segala sesuatu yang berhubungan dengan Babel.

Ari, menyebutkan, ada dua petugas perempuan yang sudah diseleksi untuk ditempatkan di konter TIC. Petugas ini sebelumnya sudah dilatih sehingga siap untuk mempromosikan Babel.

"Buka mulai pukul 7.30 WIB hingga 17.30 WIB, namun waktunya bisa menyesuaikan. Bahasa Inggris petugas TIC cukup lumayan untuk berkomunikasi dengan penumpang asing. Di Belitung juga petugasnya sudah lancar bahasa Inggris," ujarnya.

Dia mengatakan, sudah empat tahun TIC berdiri yang diharapkan mampu membantu para wisatawan mengetahui informasi apapun soal Babel. Tempat TIC bandara saat ini berupa tampilan baru, terutama desain interior.

Dia ingin dengan kehadiran TIC, wisatawan puas datang ke Babel.

"Kita sediakan AIM (anjungan informasi mandiri), menyediakan informasi apa saja. Ada soal tempat wisata, kendaraan, hotel, dan sebagainya," terang Arie.

Pada kesempatan itu, Arie minta dukungan anggaran untuk meningkatkan kunjungan pariwisata, sehingga berimbas pada ekonomi masyarakat.

"Mohon bantuan DPRD Babel, agar anggaran ditambah lagi," ungkapnya. (day)

Editor: Hendra
Sumber: babel news
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved