Kemenristekdikti Umumkan Ini Smartphone 4G 'Gratis' Karya Anak Bangsa

Pemerintah mengambil langkah lebih jauh untuk mewujudkan kedaulatan digital, khususnya di industri smartphone. Awal pekan ini, Kementerian Riset...

Kemenristekdikti Umumkan Ini Smartphone 4G 'Gratis' Karya Anak Bangsa
Dikti
Menristekdikti Muhammad Nasir melakukan kunjungan kerja ke manufaktur produksi smartphone 4G buatan anak bangsa yang dinamai "Digicoop". 

BANGKAPOS.COM -- Pemerintah mengambil langkah lebih jauh untuk mewujudkan kedaulatan digital, khususnya di industri smartphone. Awal pekan ini, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) mengumumkan smartphone 4G lokal dari dan untuk rakyat Indonesia.

Baca: Tahukah Anda, Artis-artis Ini Tidak Kembar tapi Punya Wajah Sangat Mirip, Intip Yuk. . .

Hal tersebut merupakan buah kerja sama antara akademisi, industri, pelaku pasar, dan pemerintah. Dalam hal ini, Kemenristekdikti memberi pendanaan kepada tim peneliti Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk mewujudkan smartphone 4G bernama "Digicoop".

Baca: Perhatikan Jawaban Maia Estianty Ini saat Dul Dibilang Mirip Anak Mulan Jameela

Menurut Menristek, Muhammad Nasir, riset-riset yang dihasilkan anak bangsa jangan sampai berhenti di perpustakaan. Pemerintah harus mendukung hingga tahap komersil sehingga manfaatnya dirasakan masyarakat luas. 

Baca: Charles Honoris Akhirnya Dilapor ke MKD, Bilang Jenderal Nurmantyo Sedang Lakukan Pencitraan

"Saya merasa bangga betul. Semoga produk ini bisa mengambil pasar, network harus kita bangun. Mudah-mudahan produk ini bisa kompetitif, punya nilai tambah, dan menjadi kebanggaan," kata dia saat berkunjung ke VS Technology Indonesia, yakni manufaktur untuk smartphone 4G lokal hasil pengembangan ITB.

Gratis dan diganti dua tahun sekali asalkan jadi anggota Digicoop
Nama smartphone "Digicoop" sendiri diambil karena ponsel itu diperuntukan bagi anggota Koperasi Digital Indonesia Mandiri (KDIM alias Digital Coop). Koperasi tersebut bertujuan menegakkan kedaulatan digital bangsa.

Baca: Terungkap, Dinosaurus Ternyata Punah Lantaran Lama Menetas

Anggota Digicoop yang telah membayar iuran wajib untuk satu tahun akan memperoleh smartphone sebagai tanda keanggotaan. Semakin sering smartphone digunakan, anggota akan memperoleh poin semakin besar.

Baca: Partai NasDem Sebut Terlalu Dini Anggapan Hanya Jokowi dan Prabowo Capres 2019

Poin yang dikumpulkan bisa ditukar dengan keuntungan lain sebagai anggota koperasi. Misalnya untuk membeli jasa dari pihak ketiga yang menjadi mitra koperasi, seperti pulsa, voucher belanja online, dan lainnya.

Menurut Ketua Umum Digicoop, Henry Kasyfi, untuk sementara pihaknya belum berencana mengomersilkan smartphone "Digicoop" untuk masyarakat umum.

"Konsepnya adalah dengan menambung, bisa pakai smartphone baru terus," kata dia pada KompasTekno, Jumat (13/1/2017).

Ya, dengan menabung lewat Digicoop, anggota akan mendapatkan smartphone buatan anak bangsa yang diganti dengan tipe baru tiap dua tahun sekali. Jika Anda berminat menjadi anggota, bisa mendaftar di situs ini.

Digicoop
Smartphone Digicoop buatan anak bangsa.
Digicoop -- Smartphone Digicoop buatan anak bangsa.
Halaman
12
Editor: asmadi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved