Tarmizi Ajak Masyarakat Manfaatkan Dana LPDB untuk Bantuan Permodalan

untuk meningkatkan sektor ekonomi masyarakat, Pemkab Bangka bekerjasama dengan perbankan memberikan bantuan melalui dana.

Tarmizi Ajak Masyarakat Manfaatkan Dana LPDB untuk Bantuan Permodalan
bangkapos.com/Nurhayati
Bupati Bangka H Tarmizi Saat ketika memeriksa kendaraan SPGDT 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Bupati Bangka H Tarmizi Saat mengatakan, untuk meningkatkan sektor ekonomi masyarakat, Pemkab Bangka bekerjasama dengan perbankan memberikan bantuan melalui dana.

Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) guna menyalurkan bantuan modal bagi budidaya ubi kasesa dalam program Kebun Singkong Rakyat. Selain itu juga dana tersebut disalurkan untuk bantuan permodalan bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Menurutnya ada Rp 200 juta di BRI dan Rp 40 miliar di Bank Sumsel Babel. Sedangkan bantuan lain seperti stimulan yang gratis untuk pemenuhan pangan masyarakat diakui Tarmizi belum ada.
"Kita hanya menyiapkan untuk pasar murah di bulan Ramadhan biasanya, tapi kita berharap masyarakat menanam tanaman di pekarangan rumahnya," kata Tarmizi

Ia sendiri di pekarangan rumah dinas bupati juga menanam berbagai sayuran termasuk cabai.
Untuk itu dia minta agar para penyuluh pertanian memberikan contoh dengan menanam tanaman sendiri.

Dengan kondisi ekonomi yang sedang lesu ini ia merasakan pasar-pasar di Kabupaten Bangka sepi. Para penjual juga banyak mengeluh sepinya pembeli dagangan mereka. "Kalau tidak ada yang beli ini berentet persoalannya," sesal Tarmizi

Namun Mantan Sekda Bangka ini juga menyesalkan pernyataan pejabat di pemerintahan pusat yang meminta masyarakat menanam cabai sendiri dengan mahalnya harga cabai saat ini.

Menurutnya jika biaya pengurusan kendaraan naik apa masyarakat harus buat sendiri suratnya.

"Kan dak mungkin itu jawaban yang dak cerdas," tegas Tarmizi.

Ia mengatakan, dengan kondisi ekonomi yang lesu saat ini harus ada jalan keluarnya di APBD perubahan ini untuk kepentingan masyarakat di daerah.

Penulis: nurhayati
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved