Blangko Pembuatan E- KTP di Pangkalpinang Habis

Warga Pangkalpinang yang hendak membuat E-KTP awal tahun ini, terpaksa bersabar terlebih dahulu.

Blangko Pembuatan E- KTP di Pangkalpinang Habis
KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN
Ilustrasi: Petugas mengujicoba penggunaan mesin pembaca chip e-KTP (card reader) di Kementerian Dalam Negeri, Rabu (8/5/2013). Kementerian Dalam Negeri menghimbau kepada seluruh instansi pemerintah dan perbankan untuk menyediakan card reader e-KTP, sebab terhitung sejak 1 Januari 2014 KTP non elektronik tidak berlaku lagi. Selain itu e-KTP juga tidak boleh difotocopy karena dapat merusak chip. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Zulkodri

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Warga Pangkalpinang yang hendak membuat E-KTP awal tahun ini, terpaksa bersabar terlebih dahulu. Pasalnya blangko untuk pembuatan E-KTP habis.

Untuk sementara, masyarakat masih bisa dilayani dengan mendapatkan surat keterangan sementara penganti blangko E-KTP.

Kepala Disdukcapil Kota Pangkalpinang, Armada kepada bangkapos.com, Rabu (18/01/2047) mengakui beberapa waktu lalu di 2016, pihaknya sudah mendapatkan pemberitahuan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui surat resminya mengatakan pemenuhan stok blangko e-KTP baru akan dipenuhi pada awal tahun 2017 ini.

" Tahun kemarin kita dapat surat edaran dari Kemendagri stok blangko baru bisa dipenuhi awal 2017, tetapi sampai sekarang belum ada. Karena awalnya lelang pengadaan blangko seharusnya Oktober 2016 ternyata ditunda atas rekomendasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) jangan sampai kedepannya menjadi permasalahan," ungkapnya

Masih katanya, hingga saat ini sama sekali belum ada pemberitahuan kepada pihaknya untuk mengambil atau mengurus blanko e-KTP. Biasanya, dalam kurun waktu satu bulan pihaknya sampai dua kali melakukan pengambilan blanko ke Jakarta.

"Kekosongan blanko e-KTP ini merupakan pengaruh dari pemotongan anggaran dari pemerintah pusat. Sehingga, memberikan efek terhadap pengadaan blangko yang seharusnya masih tersedia, menjadi kosong seperti saat ini," ucapnya.

Penulis: zulkodri
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved