Inilah Dua Inovasi Unggulan Dukcapil Bangka

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bangka mempunyai dua inovasi unggulan,

Inilah Dua Inovasi Unggulan Dukcapil Bangka
bangkapos.com/dok
Kepala Dukcapil Kabupaten Bangka Rahmat Gunawan

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bangka mempunyai dua inovasi unggulan, yakni pelayanan akta kelahiran bagi bayi yang baru dilahirkan di puskesmas dan rumah sakit.

Hal ini diungkapkan Kepala Dukcapil Kabupaten bangka, Rahmat Gunawan.

Ditambahkannya, kedua pelayanan akta kelahiran dan akta kematian melalui pelayanan administrasi terpadu kecamatan atau PATEN, sehingga terwujud pelayanan prima jangkau warga, rekam identitas, tuntaskan administrasi kependudukan atau Primajaga "Retak".

Apakah program Prima Jaga "Retak" tersebut? Berikut ulasannya :

1. Pelayanan Akta Kelahiran Pro aktif pada Puskesmas dan Rumah Sakit di Kabupaten Bangka

Penertiban akta kelahiran bagi bayi yang baru lahir, baik di bidan desa/kelurahan, di Puskesmas maupun di rumah sakit umum, sekaligus dengan penertiban Kartu Keluarga (KK) baru, karena penambahan anggota keluarga.

Penyederhanaan prosedur adalah penduduk tidak perlu lagi datang ke Kantor Dukcapil, tetapi cukup ke Puskesmas dan rumah sakit sebagai tempat pendaftaran pengurusan akta kelahiran bagi bayi yang baru lahir. Berkas persyaratan akta kelahiran yang sudah lengkap dan benar akan dijempu/diambil dan akta kelahiran yang sudah jadi akan diantar oleh petugas dinas ke puskesmas dan rumah sakit secara berkala setiap hari Senin dan Kamis. Selain itu juga, tidak diperlukan lagi surat permohonan dan surat pengantar dari RT/RW dan seterusnya.

Persyaratannya adalah orang tua kandung bayi adalah penduduk Kabupaten Bangka, surat keterangan kelahiran asli dari dokter/bidan puskesmas/bidan desa6KK asli orang tua, serta copy KTP dan KK orang tua kandung, dan surat nikah atau akta perkawinan orang tua yang telah dilegalisir.

2. Pelayanan Akta Kelahiran dan Akta Kematian Pro Aktif pada PATEN

Pelayanan akta kelahiran dan akta kematian pro aktif pada PATEN, sekaligus penertiban KK baru, karena penambahan dan pengurangan anggota keluarga.

Halaman
12
Penulis: edwardi
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved