Dukcapil Pangkalpinang Tahun Depan Targetkan Penyelesaian Dokumen Dalam Hitungan Menit

Semua produk yang dihasilkan Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pangkalpinang akan diselesaikan dalam waktu hingga 4 jam.

Dukcapil Pangkalpinang Tahun Depan Targetkan Penyelesaian Dokumen Dalam Hitungan Menit
bangkapos.com/Agus Nuryadhyn
Armada Kepala Dinas Dukcapil Kota Pangkalpinang 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Agus Nuryadhyn

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Semua produk yang dihasilkan Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pangkalpinang akan dapat diselesaikan dalam waktu hingga 4 jam.

Kecuali untuk akta perkawinan bisa sampai selama 11 hari, karena ada masa sepuluh hari untuk diumumkan.

"Prosedur pelayanan di Dukcapil sudah disederhanakan. dan persyaratan juga disederhanakan. Bahkan untuk kecepatan proses dua sampai tiga jam sudah selesai," ungkap Armada Kepala Dinas Dukcapil Kota Pangkalpinang, Senin (23/1/2017).

Dijelaskan Armada, untuk semua produk kecuali untuk akta perkawinan akan diselesaikan maksimal 4 jam.

Sehingga menurut Armada, bagi masyarakat yang daftar pada pagi hari, maka dokumennya akan dapat diambil pada sore hari. Begitupula yang daftar sore hari, akan dapat diambil pada pagi keesokan harinya.

Armada mengemuakkan, maunya untuk tahun depan pelayanan akan dapat lebih dipercepat. Dari semual hitungan jam. Maka untuk kedepan bisa hitungan menit.

"Tahun depan, jangan main hitungan jam untuk penyelesaian dokumen. Namun suah hitungan menit. dan akan dicoba tahun depan antara 30 menit sampai 60 menit," ujarnya.

Ditambahkan Armada, berkas dokmen yang di bawa lengkap, dan peralatan untuk pelayanan dokumen sehat, maka hitungan menit akan dapat terlaksana.

"masyarakat yang datang untuk berurusan di Kantor Dukcapil tidak perlu bolak-balik. saat mereka datang, tunggu sebentar an selesai," kata Armada.

Sehingga kata Armada, untuk peralatan ini sudah harus diremajakan. apabila sudah oke, maka pelayanan dalam hitungan menit dapat dilaksanakan

Dijelaskan Armaa, masyarakat dalam berurusan dan pelayanan semakin sederhana, aman, nyaman, cepat. dan tepat.

Bahkan Armada pun tidak segan-segan untuk memberhentikan pegawainya yang katahuan memingut biaya saat melakukan pelayanan.

Karena menurut Armada, untuk semua produk pelayanan di Kantor Dukcapil Pangkalpinang gratis.

"Apabila ada yang ketahuan memungut biaya, maka bisa langsung pada jam itu itu diberhentikan. Kalaupun PNS akan dilaporkan kepada walikota untuk ditindaklanjuti," ujarnya.

Penulis: agusrya
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved