1.002 Surat Suara Pilgub Babel Rusak

KPU Provinsi Kepulauan Babel menemukan sebanyak 1.002 surat suara yang rusak atau cacat.

1.002 Surat Suara Pilgub Babel Rusak
IST
‚ÄéKomisioner KPU Babel bidang umum, logistik dan keuangan, Davitri 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Ajie Gusti Prabowo

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Usai melakukan proses sortir dan pelipatan surat suara untuk Pilgub Babel pada 15 Februari nantinya di sejumlah Kabupaten/Kota, pihak KPU Provinsi Kepulauan Babel menemukan sebanyak 1.002 surat suara yang rusak atau cacat.

"Sesuai laporannya dari KPU Kabupaten/Kota sejumlah itu, termasuk di dalamnya kekurangan yang harus di penuhi," kata Komisioner KPU Babel bidang umum, logistik dan keuangan, Davitri, Selasa (24/1/2017) siang.

‎Dari jumlah tersebut, terdata kekurangannya dan harus digantikan untuk wilayah Kabupaten Bangka Selatan sebanyak 345 lembar, Bangka Tengah 61 lembar, Pangkalpinang 187 lembar dan Kabupaten Belitung 182 lembar.

"Tetapi ada kelebihan sembilan lembar dari Kabupaten Bangka Barat dan 169 lembar dari Kabupaten Beltim usai dilakukan penyortiran dan lipat," jelasnya.

Menurutnya, kondisi surat suara yang rusak diantaranya mengalami kusut dan mengkerut, robek, adanya noda, bercak atau flek pada kertas tersebut.

"Memang kita sudah menjelaskan tata cara pelipatan dan kategori yang rusak melalui surat edaran," ujarnya.

Rencananya pihaknya akan mengganti surat suara yang rusak sebagai kebutuhan dalam Pilgub nantinya.

"Kita sudah terima berita acara proses sortir dan pelipatan surat suara dari KPU Kabupaten/Kota, untuk menjadi dasar kita dalam memenuhi kebutuhan surat suara yang kurang sesuai dengan jumlah DPT dan di tambah 2,5 persen per TPS," pungkas Davitri.

Penulis: tidakada012
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved